INILE PINTE NATE. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL INQUIRY BERBANTUAN MEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFISISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2016

Abstrak

Abstrak kata kunci : inquiry, media prezi, hasil belajar, geografi penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran melibatkan keterampilan proses seperti mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan menyimpulkan. model pembelajaran inquiry merupakan pembelajaran yang berupaya menanamkan dasar-dasar berfikir ilmiah pada diri siswa, sehingga dalam proses pembelajaran ini siswa lebih banyak belajar sendiri. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa; (2) aktivitas guru dan siswa; (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) respon siswa terhadap penerapan pendekatan saintifik dengan model inquiry berbantuan media prezi. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) lembar soal; (2) lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3) lembar pengamatan keterampilan guru; dan (4) lembar respon siswa. analisis data menggunakan statistic deskriptif. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase ketuntasan secara

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP N 2 BANDA ACEH (ANNISA FITRIA, 2016) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BLANGKEJEREN (Sari Aini, 2019) ,

dividual meningkat dari 22 siswa menjadi 27 siswa yang tuntas belajar, sedangkan persentase ketuntasan klasikal pun meningkat dari 60% menjadi 90%; (2) aktivitas guru dan siswa antara siklus i sampai siklus ii telah mencerminkan penerapan pendekatan saintifik dengan model inquiry berbantuan media prezi, terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa secara keseluruhan sudah mengalami peningkatan (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan penerapan pendekatan saintifik dengan model inquiry berbantuan media prezi meningkat dari perolehan skor rata-rata 2,6 dengan kategori baik menjadi 3,4 dengan kategori baik; dan (4) respon siswa, terhadap penerapan pendekatan saintifik dengan model inquiry berbantuan media prezi dapat dikatakan baik. 93 persen dari 29 siswa berpendapat bahwa dengan belajar melalui pembelajaran penerapan pendekatan saintifik dengan model inquiry berbantuan media prezi siswa dapat memahami materi pelajaran yang telah mereka

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (PUTRI DELIMA, 2020) ,

PENERAPAN MEDIA PREZI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (CUT MUTIA NATASYA, 2019) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMAN 2 BANDA ACEH (M FADHLURRAHMAN, 2020) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi