ARIFA DIANA. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci : strategi, the learning cell, hasil belajar, ips terpadu strategi the learning cell adalah suatu strategi pembelajaran aktif dalam bertanya dan membuat pasangan siswa a dengan siswa b. strategi the learning cell adalah suatu strategi pembelajaran dimana proses belajar diarahkan siswa bentuk berpasangan, dimana siswa bertanya dan menjawab pertanyaan secara bergantian berdasarkan materi bacaan yang sama. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran the learning cell, aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar melalui penerapan strategi pembelajaran the laerning cell, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan startegi pembelajaran the learning cell, dan, respon siswa terhadap straregi pembelajaran the learning cell. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas vii smp negeri 6 banda aceh yang berjumlah 26 orang siswa. pengumpulan data dilakukan dengan

Baca Juga : PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Ellysa Putri, 2021) ,

Baca Juga : PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Lina Zulaini, 2019) ,

unakan tes hasil belajar (evaluasi) siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa menggunakan strategi pembelajaran the learning cell yang telah dilaksanakan. analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran the learning cell meningkat secara individual dan klasikal. hal ini dapat dilihat dari ketuntasan individual, mulai dari siklus i, 26 siswa ada 7 siswa yang belum tuntas dan siklus ii dari 26 siswa hanya 1 siswa yang belum tuntas dan ketuntasan klasikal siklus i adalah 50 persen dan siklus ii adalah 90 persen, aktivitas guru dan siswa antara siklus i sampai siklus ii terjadi peningkatan. hal ini dilihat pada siklus ii semua aspek yang diamati telah sesuai dengan ketentuan waktu ideal, keterampilan guru dalam penerapan strategi pembelajaran the learning cell meningkat dari 2,57 dikategorikan baik, menjadi 3,62 dengan katagori sangat baik, dan respon siswa terhadap strategi pembelajaran the learning cell pada materi mendeskripsikan kondisi persebaran flora dan fauna di indonesia dapat dikatakan baik, siswa berpendapat bahwa dengan belajar melalui strategi pembelajaran the learning cell dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NAZARIATUN NAJMI, 2015) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THE LEARNING CELL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA DI SMA NEGERI 1 KRUENG BAROENA JAYA (EVI FITRIANI, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi