QURRATUL AINI. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MODELING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SEMESTER 2 DI SMAN 11 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci: model modeling the way (mtw), hasil belajar, aktivitas siswa telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe modeling the way (mtw) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koloid kelas xi semester 2 di sman 11 banda aceh. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mtw pada materi koloid. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi ia- 3 yang berjumlah 26 siswa perempuan. pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, tes, dan angket. hasil tes, angket, dan lembar observasi diolah dengan menggunakan rumus persentase. nilai kognitif siswa ditunjukkan oleh ketuntasan belajar. ketuntasan belajar pada materi koloid setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mtw sebesar 84,61%. aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mtw pada pertemuan pertama diperoleh hasil sebesar

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI POKOK PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI SMAN 8 BANDA ACEH (sabanar, 2013) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Husni Loili, 2013) ,

95,83%, dan pertemuan kedua diperoleh hasil sebesar 96,50%. persentase siswa yang memberi respon positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mtw sebesar 96,15%, dan tanggapan negatif siswa sebesar 3,85%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mtw efektif diterapkan pada

Tulisan yang relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 1 SEULIMUM (Zurriati, 2018) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS V SDN 37 BANDA ACEH (Sri Kemalasari, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SUB MATERI JENIS-JENIS KOLOID UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA N 11 BANDA ACEH (sastri maulida, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi