ANDRIS WANDI. PENGARUH BEBAN BERLEBIH ANGKUTAN TRUK TERHADAP UMUR RENCANA JALAN (STUDI KASUS JALAN BANDA ACEH MEULABOH KM. 69 S/D KM. 150). Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Jalan merupakan salah satu infrastruktur utama yang menghubungkan antara satu daerah dengan daerah lainnya. oleh karena itu jalan harus didesain sesuai dengan beban kendaraan yang melintas pada daerah tersebut. jalan nasional banda aceh - meulaboh didesain sedemikian rupa sehingga tebal perkerasan yang direncanakan disesuaikan dengan beban kendaraan yang melintas pada jalan tersebut, agar umur jalan yang direncanakan dapat sesuai dengan beban kendaraan yang telah dihitung berdasarkan lalu lintas harian rata-rata (lhr). permasalahan yang dapat dilihat dari jalan nasional banda aceh meulaboh (km.69 s/d km.150) adalah muatan berlebih yang disebabkan angkutan truk. tujuan penelitian adalah ingin mengetahui seberapa besar faktor daya rusak kendaraan yang diakibatkan oleh muatan berlebih dan seberapa besar pengaruh dari beban berlebih terhadap umur rencana perkerasan jalan raya. penelitian ini dilakukan secara langsung dilapangan dengan melakukan survei berat lalu lintas angkutan barang

Baca Juga : ANALISIS DAMPAK BEBAN BERLEBIH KENDARAAN TERHADAP UMUR RENCANA PERKERASAN JALAN (STUDI KASUS JALAN NASIONAL LINTAS TIMUR ACEH) (Syafriana, 2015) ,

Baca Juga : KAJIAN MANFAAT PENINGKATAN JALAN ALTERNATIF BERDASARKAN ANALISA CONSUMER SURPLUS DALAM EKONOMI TRANSPORTASI (STUDI KASUS RUAS JALAN MEULABOH GEUMPANG SIGLI) (HENDRA SAPUTRA, 2019) ,

engan timbangan truk portable yang dilakukan pada km 148. pada jalan nasional banda aceh meulaboh jumlah total pelanggaran terhadap jbi rata-rata 45,57% dari jumlah total kendaraan angkutan truk. hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai vdf dengan kondisi beban berlebih lebih besar dibandingkan dengan nilai vdf kondisi beban normal yaitu sebesar 219%. berdasarkan analisa cesa dengan kondisi beban berlebih maka terjadi penurunan umur layan sebesar 9 tahun sedangkan berdasarkan rumus persamaan efektif masa layan terjadi penurunan umur layan sebesar 10,77 tahun dari umur rencana 20 tahun. berdasarkan nilai iri maka tahun 2024 diperlukan program penangan berupa pemeliharaan berkala (overlay). hasil desain ulang dengan beban berlebih didapat hasil tebal perkerasan ac-wc 4 cm, ac-bc 6 cm, lpa 25 cm dan lpb 32 cm. kata kunci: beban berlebih, vdf, lhr, umur rencana, iri. metode analisa

Tulisan yang relevan

STUDI KELAYAKAN EKONOMI PENINGKATAN JALAN T. ISKANDAR KOTA BANDA ACEH (Muhammad Zhafran, 2020) ,

PENEGAKAN HUKUM TERHADAP SUPIR TRUK ANGKUTAN BARANG YANG MELINTAS DI JALAN DALAM KOTA (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BANDA ACEH) (NURHADISAH, 2016) ,

KAJIAN MANFAAT PEMBANGUNAN JALAN ALTERNATIF BERDASARKAN ANALISA CONSUMER SURPLUS DALAM EKONOMI TRANSPORTASI(STUDI KASUS RUAS JALAN BANDA ACEH KRUENG RAYA LAWEUNG SIGLI) (T. Ikhsan, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi