Fuzaili Pasya. STRATEGI PEMENANGAN JOKOWI-JK DALAM PILPRES 2014 DI KABUPATEN NAGAN RAYA. Banda Aceh : Fakultas FISIPOL Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Pemilihan umum merupakan salah satu dari tolak ukur keberhasilan sistem demokrasi, sehingga merupakan kehendak mutlak untuk dilaksanakan bangsa indonesia sebagai negara demokrasi khususnya dalam pemilihan presiden dan wakil presiden jokowi-jk dan prabowo-hatta, untuk memperoleh tujuan tersebut diperlukan strategi-strategi dalam berkampanye. tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui dan menjelaskan strategi timses jokowi-jk dalam pilpres 2014 di kabupaten nagan raya dan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor penyebab kekalahan prabowo-hatta di kabupaten nagan raya. dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis (analisa secara mendalam) pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan, melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian, berdasarkan fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. strategi yang digunakan tim pemenangan jokowi-jk berupa pertemuan terbatas dengan masyarakat

Baca Juga : STRATEGI PEMENANGAN JOKOWI-JK DALAM PILPRES 2014 DI KABUPATEN NAGAN RAYA (Fuzaili Pasya, 2015) ,

Baca Juga : PERAN ELIT DALAM MENINGKATKAN ELEKTABILITAS JOKOWI DI ACEH BARAT DAYA PADA PEMILU TAHUN 2019 (Muhammad Yasal, 2019) ,

i tatap muka dan dialog, penyebaran melalui media cetak (koran) dan media elektronik (twitter dan facebook), penyiaran melalui radio dan televisi, penyebaran bahan kampanye kepada umum melalui selebaran, pemasangan baliho di tempat umum. sistem lain dengan membentuk sistem jaringan yang solid dengan memanfaatkan kekuatan jaringan financial yaitu dengan memboyong beberapa rekan bisnis, relawan dan memanfaatkan isu-isu black campaign. sebab-sebab kekalahan prabowo-hatta adalah dengan melakukan kampanye dengan media, spanduk, pamplet dan selebaran yang disebarkan di dinas-dinas terkait (sebagai kampanye terselubung atau hitam) sehingga akibat dari isu dan strategi ini berdampak fatal dalam perolehan suara secara keseluruhan. sementara isu politik yang dibawa, telah membuat pemilih menjadi tertarik untuk memberikan suaranya terhadap kandidat lain yakni jokowi-jk. penggunaan isu black campaign bukanlah strategi yang tepat dalam berkampanye dalam era teknologi seperti sekarang ini, akan tetapi penekanan terhadap kandidat dan program kerja masih merupakan strategi yang sangat ampuh dalam mengambil hati para

Tulisan yang relevan

STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PARTAI POLITIK PENDUKUNG HM JAMIN IDHAM-CHALIDIN OESMAN DALAM PEMENANGAN PEMILUKADA DI NAGAN RAYA (INTAN ZIHNIA SYATIRA, 2019) ,

FAKTOR PENYEBAB PERPECAHAN ARAH KOALISI KADER DAN SIMPATISAN PARTAI GOLKAR BANDA ACEH PADA PILPRES 2014 (M. IQBAL, 2015) ,

STRATEGI KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN NAGAN RAYA DALAM PELAKSANAAN PILKADA 2017 (STUDI TENTANG PENANGANAN TREND POLITIK PERKAUMAN DI NAGAN RAYA) (Wahyudin.z, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi