Nurmala. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII10 SMP NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Tujuan penelitian adalah : untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dalam mata pelajaran ips kelas viii10 smp negeri 1 bandar baru kabupaten pidie jaya dengan menggunakan metode kooperatif tipe picture and picture, dan untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran ips mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii10 smp negeri 1 bandar baru kabupaten pidie jaya. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (ptk). adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam pembelajaran ips di kelas viii10 smp negeri 1 bandar baru pidie jaya? obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii10 smp negeri 1 bandar baru kabupaten pidie jaya tahun ajaran 2011/2012. lokasi penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti adalah smp negeri 1 bandar baru kabupaten pidie jaya. penelitian ini menggunakan

Baca Juga : PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI APRESIASI TARI TRADISIONAL DAERAH SETEMPAT DI SMPN 5 BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Isnaniah, 2014) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE RNAND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWARNPADA KONSEP CACAT MATA KELAS VIIIARNMTSN BLANG RNBALEE KABUPATEN ACEH BARAT (Mizayanti, 2015) ,

n tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. sasaran penelitian ini adalah siswa kelas viii10. data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus i sampai siklus iii yaitu, siklus i (66,7%), siklus ii (75%), siklus iii (91,66%). simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif tipe picture and picture dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa viii10 smp negeri 1 bandar baru, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative ilmu pengetahuan

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS IV SD NEGERI 36 BANDA ACEH (Novia Faradilla, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOEFERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SUHU, KALOR DAN PERPINDAHAN KELAS X1 SMAN 1 UNGGUL BAITUSSALAM (Masitah, 2018) ,

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI NILAI MATA UANG MELALUI TIPE PICTURE AND PICTURE DI SMPN 1 SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Muhammad Taib, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi