Munzir Ibrahim. PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PESANTREN MODERN TGK. CHIEK OEMAR DIYAN INDRAPURI ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Berhasil tidaknya suatu organisasi dalam pengembangan visi dan misinya sangat ditentukan oleh perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam menyusun, melaksanakan, dan melakukan pengawasan program kerja madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku kepala madrasah dalam proses penyusunan, pelaksanaan, dan pengawasan program kerja madrasah serta dalam menghadapi kendala sehingga berdampak pada peningkatan mutu pendidikan. penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. subjek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala, guru, dan komite madrasah. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam proses penyusunan program kerja madrasah yang berorientasi tujuan berdasarkan visi, misi madrasah telah menunjukkan perilaku kepemimpinan yang efektif dengan menonjolkan perilaku yang

Baca Juga : PROFIL KOPERASI PESANTREN MODERN TGK. CHIEK UMAR DIYAN DI KRUENG LAMKAREUNGRNINDRAPURI ACEH BESAR (Rahmat Faisal, 2014) ,

Baca Juga : PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PESANTREN MODERN TGK. CHIEK OEMAR DIYAN INDRAPURI ACEH BESAR (Munzir Ibrahim, 2015) ,

asi hubungan harmonis (tidak arogan) dalam upaya meningkatkan mutu out put pendidikan. secara substansinya mengarah pada upaya meningkatkan mutu pendidikan. (2) perilaku kepemimpinan kepala madrasah pada pelaksanaan program kerja dengan pendekatan humanisme telah menunjukkan perilaku kepemimpinan yang efektif yang berorientasi hubungan partisipatif dan keteladanan (bersahabat dan kekeluargaan) dalam menyusun program pembelajaran (silabus, rencana pembelajaran, alat peraga). (3) perilaku kepemimpinan kepala madrasah pada pengawasan program kerja dengan berorientasi pada tujuan yang telah ditetapkan telah menunjukkan kepemimpinan yang efektif melalui pendekatan yang persuasif yang berorientasi pada saling percaya, memberi arahan dan bimbingan secara bijaksana. (4) perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam mengatasi hambatan-hambatan pada program kerja sekolah telah menunjukkan perilaku kepemimpinan yang efektif dengan mengedepankan perilaku yang berorientasi hubungan kemitraan (saling percaya, musyawarah, terbuka) dalam menyelesaikan berbagai persoalan guna meningkatkan mutu pendidikan. kata kunci: perilaku kepemimpinan, kepala madrasah, dan mutu

Tulisan yang relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI DAN BODY IMAGE TERHADAP STATUS GIZI SISWI DI MAN 3 ACEH BESAR DAN MA TGK. CHIEK OEMAR DIYAN (Firdayanti, 2019) ,

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA (SUATU PENELITIAN PADA SANTRI MAS TGK. CHIEK OEMAR DIYAN, ACEH BESAR) (Az. Mawaddah, 2014) ,

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENCATATAN PEMBAYARAN SPP PADA PONDOK PESANTREN MODERN TGK CHIEK OEMAR DIYAN (UBBAIDILLAH, 2020) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi