rusni. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWAKELAS VIII-4 SMP NEGERI 1 MANYAK PAYED KABUPATEN ACEH TAMIANG. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Abstrak kata kunci: example non example, prestasi belajar penelitianyangberjudul“penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas viii-4 smp negeri 1 manyakpayedkabupaten aceh tamiang”. tujuanpenilitianiniadalahuntukmengetahuipenerapanmodel pembelajarankooperatiftipe example non example dapat meningkatkan prestasi belajar ips pada siswakelas viii4 smp negeri 1 manyakpayed aceh tamiang dan aktivitas guru dalamproses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajarankooperatiftipe example non example padasiswakelas viii4 smp negeri 1 manyakpayed aceh tamiang,jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif, dengan objek penelitian guru dansiswa kelas viii-4 smp negeri 1 manyakpayed, pengumpulan data dilakukanmelaluiteknikdengantesdandokumen. dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa: hasil pembelajaran siswa pada pelajaran ips smp negeri

Baca Juga : IMPROVING STUDENTS’ SKILL IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT BY USING PICTURE MEDIA(A CLASSROOM ACTION RESEARCH AT GRADE VIII, SMPN 1 MANYAK PAYED ACEH TAMIANG) (JOHANANINGSIH, 2015) ,

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (munawarah aini, 2014) ,

kpayedmelalui model pembelajaran kooperatif tipe example non examplesudah mencapai ketuntasan secara klasikal, aktivitas guru dan siswa telah mencerminkan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe example non example. hal ini dapat dilihatdarisemakinmeningkatnyaketuntasanbelajarsiswa. yaitu meningkat dari siklus i, siklus ii dan siklus iii, yaitu pada siklus i ada 18 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 58 %, pada siklus ii ada 22 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 71%, dan pada siklus iii ada 28 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 90%. aktivitas kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe example non exampledalam setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu dari kategori rendah menjadi kategori

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEKNIK TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PRANATA SOSIAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KUTA BARO ACEH BESAR (Handayani, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REASONING AND PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 1 TAMIANG HULU KABUPATEN ACEH TAMIANG (Ruasniati, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS IV SD NEGERI 36 BANDA ACEH (Novia Faradilla, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi