REMI ANDROKA. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Kata kunci : model kooperatif two stay two stray, prestasi belajar penciptaan suasana belajar yang menyenangkan akan mengaktifkan potensi dan meningkatkan daya pikir siswa. guru mengajar di dalam kelas bukan semata menceritakan bahan pembelajaran kepada siswa, namun belajar memerlukan keterlibatan mental dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. hasil belajar yang optimal hanya akan diperoleh jika proses pembelajaran yang dilakukan banyak melibatkan siswa untuk beraktivitas serta mengembangkan kreatifitas yang dimiliki siswa. untuk itu guru perlu menyesuaikan model pembelajaran dengan materi pelajaran yang dianggap sesuai. dari hal tersebut peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada materi bentuk muka bumi dan kegiatan ekonomi penduduk. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran two stay two stray, untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa melalui penerapan

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (REMI ANDROKA, 2013) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Fatihaddin Syarif, 2019) ,

model pembelajaran two stay two stray, untuk mengetahui keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran two stay two stray, untuk mengetahui respon siswa terhadap ketuntasan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran two stay two stray. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas vii/a smp negeri 2 kuta baro yang berjumlah 26 orang, objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran two stay two stray. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes, observasi, angket respon siswa dan wawancara. teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus statistik deskriptif, p=f/nx100%. hasil belajar siswa dengan model pembelajaran two stay two stray mengalami peningkatan hal ini terlihat pada hasil pretest dan postest. pada siklus i hasil pretest 8% postest 81%, dan pada siklus ii hasil pretest 15% postest 92%, untuk ketuntasan klasikal pada siklus i 50% dan siklus ii mencapai 90%, sedangkan untuk respon siswa terhadap model pembelajaran two stay two stray mendapat respon

Tulisan yang relevan

PEMBELAJARAN STATISTIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS XI SMK-SMTI NEGERI BANDA ACEH (Syarifah Raudhatun Nisak, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMPN 7 BANDA ACEH (Putri Anggraini, 2016) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 3 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (T. Darma Fatjri, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi