Zulkifli. PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMP DAN MTS PADA KELAS X SMA NEGERI 1 TANGAN – TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA. Banda Aceh : Fakultas FKIP Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Mts pada kelas x sma negeri 1 tangan – tangan kabupaten aceh barat daya” ini mengangkat masalah bagaimana prestasi belajar sejarah siswa smp yang ada di sma negeri 1 tangan-tangan kabupaten aceh barat daya? bagaimana prestasi belajar sejarah siswa mts yang ada di sma negeri 1 tangan-tangan kabupaten aceh barat daya? adakah perbedaan antara prestasi belajar sejarah siswa smp dan mts yang ada di sma negeri 1 tangan-tangan kabupaten aceh barat daya? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar sejarah siswa smp dan prestasi belajar sejarah siswa mts yang ada di sma negeri 1 tangan-tangan kabupaten aceh barat daya, serta untuk mengetahui perbedaan antara prestasi belajar sejarah siswa smp dan mts yang ada di sma negeri 1 tangan-tangan kabupaten aceh barat daya? . populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas x sma negeri 1 tangan-tangan kabupaten aceh barat daya tahun ajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 149 orang terdiri dari kelas xi1, kelas xi2 kelas xi3 dan kelas xi4.

Baca Juga : PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BUKIT DAN SMA NEGERI 2 BUKIT BENER MERIAH (supianiko, 2015) ,

Baca Juga : PROSES PEMBELAJARAN PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN DARI BAHAN LIMBAH BOTOL AQUA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DI MTSN 1 SIMPANG ULIM KABUPATEN ACEH TIMUR (RAFIQA, 2015) ,

dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebesar 10% kemudian dipilih sampel secara proporsional random sampling, sehingga sampel berjumlah 54 orang yang tersebar di berbagai kelas. pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik statistik sederhaha yaitu menghitung mean dari data nilai sejarah yang diperoleh, menghitung standar deviasi kemudian menghitung uji t. hasil analisis data menunjukkan bahwa rata – rata nilai sejarah siswa smp adalah 69,85. berdasarkan kategori nilai, nilai rata – rata 69,85 berada pada kategori cukup baik dan rata – rata nilai sejarah siswa mts adalah 70,25 yang dinyatakan cukup baik. selanjutnya hasil analisis perbedaan antara prestasi belajar sejarah siswa smp dan siswa mts adalah hasil pembuktian hipotesis thitung = 1,162 sedangkan ttabel = 1,67. ternyata thitung < ttabel atau 1,162 < 1,67 sehingga diterima dan h1 ditolak atau tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar sejarah siswa smp dengan prestasi belajar sejarah siswa

Tulisan yang relevan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI RNTARI DAERAH SETEMPAT (TARI LIKOK PULO) MELALUI RNPENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION RNDI SMP NEGERI 2 TANGAN-TANGAN RNKABUPATEN ACEH BARAT DAYA (ORIZA SATIVA, 2015) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 9 ACEH BARAT DAYA (Hardani, 2019) ,

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) DAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH (INDAH, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi