Riska Maulida. PENERAPAN PAIKEM DENGAN METODE PENEMUAN UNTUK MENINGKATKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII SMPN 1 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2013

Abstrak

Pendidikan sangat berperan untuk menciptakan manusia yang berkualitas. kurangnya minat belajar siswa dikarenakan motode pembelajaran yang monoton. salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar siswa yaitu melalui penerapan paikem dengan metode penemuan. penerapan paikem dengan metode penemuan merupakan metode pembelajaran yang menuntut guru lebih kreatif menciptakan situasi yang dapat membuat peserta didik belajar aktif menemukan pengetahuan sendiri. penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua, untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapan paikem dengan metode penemuan, untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan paikem dengan metode penemuan. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas vii-3 smp negeri 1 banda aceh yang berjumlah 26 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar

Baca Juga : PENERAPAN PAIKEM DENGAN METODE PENEMUAN UNTUK MENINGKATKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII SMPN 1 BANDA ACEH (Riska Maulida, 2013) ,

Baca Juga : PENGARUH REMEDIAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Ellysa Putri, 2021) ,

soal, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan angket respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar melalui penerapan paikem dengan metode penemuan. analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. hasil penelitian terhadap penerapan paikem dengan metode penemuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari persentase ketuntasan individual terjadi peningkatan dari siklus pertama 69,23 persen dan siklus kedua 92,30 persen, persentase ketuntasan klasikal juga terjadi peningkatan dari siklus pertama 70 persen dan kedua 90 persen, aktivitas guru dan siswa mencerminkan penerapan paikem dengan metode penemuan, hal ini terlihat pada aktivitas guru dan siswa dalam memberi kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan atau mempresentasikan pendapat ke depan kelas, kemudian siswa mempresentasikan hasil pendapat yang telah ditulis ke depan kelas, keterampilan guru dalam penerapan paikem dengan metode penemuan meningkat dari katagori sedang menjadi sangat baik dan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode kasus adalah 96 persen dari 26 siswa berpendapat bahwa pembelajaran melalui penerapan paikem dengan metode penemuan dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi kegiatan ekonomi masyarakat. sehingga dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran terhadap materi kegiatan ekonomi masyarakat pada mata pelajaran ips terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa setelah menerapkan paikem dengan metode

Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (TI ASMAK, 2015) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Fitria Mustika, 2021) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMPNEGERI 1 SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN (Taufik hidayat, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi