Lizwar juhardi. ANALISIS KESELAMATAN JALAN PADA JALAN KEUTAPANG-MATA IE KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu peristiwa yang tidak bisa dihindari. kecelakaan ialah suatu kejadian dimana kendaraan bermotor atau tidak bermotor bersinggungan satu sama lain dan menyebabkan kerugian baik material maupun non material dan juga dapat menyebabkan kehilangan nyawa. beberapa faktor yang mempengaruhi kecelakaan ialah faktor kondisi jalan, faktor ketidakdisiplinan dalam menggunakan kendaraan dan faktor kendaraan. jalan keutapang-mata ie kabupaten aceh besar adalah jalan kolektor sekunder dengan lebar ±10 meter serta tidak memiliki median. sepanjang ruas jalan ini terdapat pertokoan serta pasar sehingga berkontribusi cukup tinggi dalam menarik angka perjalanan orang dan kendaraan dari dan ke daerah ini. penelitian ini bertujuan untuk menganalisiskeselamatan jalan ditinjau dari fasilitas-fasilitas pelengkap jalan pada jalan ketapang-mata ie kabupaten aceh besar sta 0+000 sampai dengan sta 0+800.data situasi eksisting diperoleh dengan survei selama satu hari. data

Baca Juga : PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN MATA IE DI PASAR KEUTAPANG DUA ACEH BESAR (Muhammad Ikhsan, 2018) ,

Baca Juga : INSPEKSI KESELAMATAN JALAN PADA RUAS JALAN LAKSAMANA MALAHAYATI KABUPATEN ACEH BESAR STA 2+000 SAMPAI DENGAN STA 4+500 (Novrianda, 2015) ,

i eksisting didapat dengan dilakukannya pencatatan dan pemotretan langsung oleh surveyor setiap kondisi eksistingjalan dan lingkungan perseratus meter, kemudian dalam pengolahan datanyadimasukkan gambar kondisi real lapangan dari setiap kondisi.data hasil pengamatan yang dimasukkan kedalam formulir check listselanjutnya dilakukan pembobotanmenggunakan skala guttman untuk jawaban (y) memiliki nilai 1, sedangkan jawaban (t) memiliki nilai 0. kemudian nilai bobot dari setiap pertanyaan dijumlahkan lalu dipersentasekan untuk diketahui berapa persen risiko keselamatan jalan yang diaudit perseratus meter. kemudian data ini dimasukkan kedalam tabel keselamatan jalan yang diaudit perseratus meter. lalu didapatkan pada sta mana jalan paling rawan risiko terjadi kecelakaan.dari hasil peneitian yang dilakukan, angka risiko kecelakaan tertinggi pada jalan ini terdapat pada sta 0+300 dan sta 0+600 dengan angka 56% sedangkan angka risiko kecelakaan terendah yaitu pada sta 0+700 dan sta 0+800 dengan angka 44%. nilai rata-rata risiko kecelakaan pada jalan keutapang – mata ie sta 0+000 sampai sta 0+800 adalah 50,5%. guna menaggulangi permasalahan pada jalan ini maka perlu dilakukan penambahan fasilitas-fasilitas keselamatan jalan agar dapat mencegah terjadinya kecelakaaan. kata kunci : risiko kecelakaan, fasilitas keselamatan jalan,

Tulisan yang relevan

EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PCI STUDI KASUS RUAS JALAN ATEUK ANGGUK KUTA BARO ACEH BESAR (RINAWATI, 2021) ,

EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN PERMUKAAN JALAN DAN MENENTUKAN PRIORITAS PEMELIHARAAN JALAN (STUDI KASUS JALAN PROVINSI DI KABUPATEN ACEH BESAR) (RISDIAWATI, 2021) ,

EVALUASI DEFISIENSI KESELAMATAN INFRASTRUKTUR JALAN PADA JALAN BIREUEN –TAKENGON KM. 86 – KM. 92 KABUPATEN BENER MERIAH (NOVA VIYANTIMALA, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi