SYARIFAH MAWADDAH MISWAR. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA RNYANG MENGGUNAKAN MODEL MAKE-A MATCH DAN INDEX CARD MATCH DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci : perbandingan, hasil belajar, make-a match, index card match. model pembelajaran make-a match dan index card match adalah model pembelajaran kooperatif yang menggunakan kartu sebagai media dalam menyampaikan materi ajar. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran make-a match lebih baik dibandingkan hasil belajar yang menggunakan model index card match dalam materi sebaran barang tambang di indonesia pada siswa kelas xi sma inshafuddin banda aceh. tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah hasil belajar geografi siswa yang menggunakan model pembelajaran make-a match lebih baik dibandingkan hasil belajar yang menggunakan model index card match kelas xi sma inshafuddin banda aceh. hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran make-a match lebih baik dibandingkan hasil belajar yang diajarkan dengan

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL THE FIRING LINE DENGAN MODEL INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARANGEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (ULLI YANA, 2019) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (Syarifah Melda Selvia, 2019) ,

odel index card match pada siswa kelas xi sma inshafuddin banda aceh. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi is, terdiri atas 2 kelas dan berjumlah 58 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi is 1 (kelas eksperimen i) dan siswa kelas xi is 2 (kelas eksperimen ii). teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test kepada siswa. hipotesis diuji menggunakan rumus uji-t. berdasarkan hasil pengolahan diperoleh thitung = 3,42, dan ttabel = 1,68, pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = n 1 + n2 2 = 29 + 29 2 = 56. jadi, t hitung > ttabel, maka h0 ditolak dan h a diterima . dapat disimpulkan bahwa hasil belajar geografi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran make-a match lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran index card

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (mirna, 2013) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Nurafifah Mutia Sari, 2015) ,

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS VIII-1 MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Agustina, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi