Vonna Saputri. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS VIII-I SMPN 2 MAKMUR KABUPATEN BIREUEN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci: model kooperatif tipe snowball throwing, hasil belajar penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar fisika materi pesawat sederhana siswa kelas viii-i smpn 2 makmur melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing; (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing materi pesawat sederhana siswa kelas viii-i smpn 2 makmur; (3) aktivitas guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada materi pesawat sederhana siswa kelas viii-i smpn 2 makmur; (4) aktivitas guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada materi pesawat sederhana siswa kelas viii-i smpn 2 makmur. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii-i smp negeri 2 makmur yang berjumlah 20 orang siswa. pengumpulan data dilakukan

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN PERCOBAAN SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI GERAK MELINGKAR DI SMA NEGERI 1 BANDAR DUA (Iga Fathia Azzahrah, 2017) ,

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BATUAN DI KELAS V SD NEGERI 20 BANDA ACEH (fulfita musliana, 2013) ,

ngan menggunakan tes hasil belajar, lembar pengamatan keterampilan mengelola pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa serta angket respon siswa terhadap pembelajaran. data dianalisis menggunakan statistik deskriptif persentase. hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing meningkat secara individual dan klasikal. pada siklus i terdapat 11 siswa yang tuntas dan siklus ii terdapat 18 siswa yang tuntas. ketuntasan klasikal siklus i sebesar 60 persen dan siklus ii meningkat menjadi 90 persen; (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran terdapat peningkatan dari siklus i sampai siklus ii dengan skor masing-masing siklus yaitu 2,41 dikategorikan sedang dan 3,48 dikategorikan baik; (3) aktivitas guru dan siswa terdapat peningkatan antara siklus i dan siklus ii. hal ini dapat dilihat pada siklus ii bahwa semua aktivitas guru dan siswa sudah sesuai dengan standar waktu ideal yang ditetapkan; (4) persentase respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing adalah 100% siswa mengatakan baru, 95% siswa mengatakan menarik terhadap cara guru menerangkan materi, 95% siswa memahami materi yang telah dipelajari, 95% siswa setuju terhadap komponen pembelajaran yang digunakan, 100% siswa berminat mengikuti pembelajaran pada pertemuan selanjutnya, dan 90% siswa mengatakan dapat memperjelas pemahaman terhadap materi yang

Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII.6 SMP NEGERI 1 SERUWAY (Hajina, 2021) ,

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUKMENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH (Silvia Srifuji Ys, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ANNA FITRIA, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi