Irwan Saputra. PENERAPAN METODE CO-OP CO-OP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA RNPADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI RNKELAS X SMA FAJAR HIDAYAH RNACEH BESAR. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak katakunci :metode co-op co-op,hasil belajar, geografi metode co-op co-op bukanlah tujuan dari kegiatan pembelajaran, tetapi merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. metode co-op co-op memposisikan guru sebagai orang yang menciptakan suasana belajar minat dan motivasi sementara siswa sebagai peserta belajar. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode co-op co-op dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas x sma fajar hidayah aceh besar, untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar mencerminkan keterlaksanaan pembelajaran metode pembelajaran co-op co-op, untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan metode pembelajaran co-op co-op terhadap siswa kelas x sma fajar hidayah aceh besar, untuk mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran co-op co-op.jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019) ,

k penelitian ini adalah siswa kelas x sma fajar hidayah aceh besar yang berjumlah 23 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran co-op co-op. pengumpulan data dilakukan dengan test hasil belajar siswa, lembar aktivitas guru dan siswa, lembar keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. teknik pengolahan data menggunakan rumus statistik deskriptif, p=f/nx100%. hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan metode pembelajaran co-op co-op. hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan postest. pada siklus i secara klasikal telah tuntas 80% dari 10 soal ada 8 soal yang telah mencapai ketuntasan. secara individual tuntas sebesar 78% atau dari 23 siswa, hanya 5 orang siswa yang tidak tuntas. pada siklus ii secara klasikal sudah tuntas sebesar 90% dari 10 soal tes hanya 1 soal yang belum tuntas. secara individual tuntas sebesar 91% atau dari 26 siswa hanya 2 siswa yang belum tuntas.dapat disimpulkan bahwa pembelajarn metode co-op co-oppada materi atmosfer dapat meningkatkan hasil belajar

Tulisan yang relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 5 BANDA ACEH (NOVRA RIZKIA, 2020) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OBSERVATION LEARNING DENGAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IS SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (NURMANSYAH PUTRA, 2020) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE TEACHIG PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI MAN 3 KOTA BANDA ACEH (Elviyana, 2019) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi