Eka Agustiya. ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2015

Abstrak

Abstrak kata kunci: gaya belajar, hasil belajar gaya belajar merupakan cara yang cenderung dipilih seseorang dalam belajar baik menerima, mengolah, dan menyimpan informasi. gaya belajar tidak hanya kegiatan seperti melihat, mendengar, menulis, dan berkata, tetapi juga aspek dalam mengolah informasi, dan merespon sesuatu secara abstrak dan konkret. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar siswa dalam pembelajaran matematika dan pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas viii smp negeri 2 banda aceh. metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif serta populasi seluruh siswa kelas viii yang terdiri dari 8 kelas, untuk pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik random sampling, sehingga terpilih kelas viii_7 yang berjumlah 32 siswa. teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengobservasi aktivitas belajar siswa ketika proses pembelajaran

Baca Juga : ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (Eka Agustiya, 2015) ,

Baca Juga : STRATEGI GURU DALAM MENGATASI GAYA BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Syarifah Se`ha, 2021) ,

ka berlangsung, dan memberikan angket gaya belajar kepada siswa diakhir pembelajaran, serta dokumentasi nilai ulangan matematika siswa pada materi aljabar. data penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa 65,62% siswa memiliki gaya belajar visual, 25% siswa memiliki gaya belajar auditorial, dan 9,37% siswa memiliki gaya belajar kinestetik. selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji statistik distribusi chi kuadrat b k untuk data observasi dan angket siswa. sedangkan untuk pengujian hipotesis digunakan uji dengan kriteria, jika x 2 hitung > x 2 tabel pada taraf signifikan ? = 5%, maka hipotesis diterima dan sebaliknya, jika x 2 hitung ? x 2 tabel pada taraf signifikan ? = 5%, maka hipotesis ditolak. hasil penelitian menunjukkan x 2 hitung sebesar 11,48 dan x 2 tabel sebesar 9,49 sehingga x 2 hitung > x 2 tabel oleh karena itu hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas viii smp negeri 2 banda

Tulisan yang relevan

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017) ,

PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWADALAM MATA PELAJARAN IPS PADA SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (JULI DAMAYANTI, 2016) ,

PENGARUH KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013-2014 (Devira Arianti, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi