Asniar. ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI IPA MAN BANDAR DUA PIDIE JAYA TAHUN AJARAN 2012/2013. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci: kesulitan, limit fungsi aljabar limit fungsi aljabar adalah salah satu materi yang diajarkan kepada siswa sma/ma kelas xi semester 2. namun pada kenyataannya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi limit fungsi aljabar. mengingat hal tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan rumusan masalahnya adalah kesulitan apa sajakah yang dialami siswa kelas xi dalam memahami limit fungsi aljabar di man bandar dua dan apakah penyebab terjadinya kesulitan siswa dalam memahami soal-soal limit fungsi aljabar. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesulitan yang dialami oleh siswa, dan mencari faktor penyebab kesulitan yang dialami oleh siswa kelas xi ma negeri bandar dua. jenis penelitian ini berbentuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif. instrumen yang digunakan berupa tes yang diberikan kepada 24 siswa, yaitu siswa kelas xi4 ma negeri bandar dua yang ditentukan sebagai subjek dalam penelitian. teknik pengumpulan data

Baca Juga : PENGUASAAN MATERI PRASYARAT DAN KEMAMPUAN MEMAHAMI LIMIT FUNGSI ALJABAR SISWA KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (devi raihani, 2014) ,

Baca Juga : ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI OPERASI ALJABAR PADA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Rizky Fithriyani, 2019) ,

kukan dengan cara melakukan penelitian langsung ke lokasi dengan tujuan memperoleh data yang objektif, peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan wawancara. tes yang diberikan berupa soal essay. wawancara dilakukan terhadap 2 orang siswa yang melakukan kesalahan dalam memahami materi limit fungsi aljabar dan masing-masing siswa mewakili 1 soal. wawancara dilakukan secara perorangan agar diketahui jenis kesulitan dan faktor penyebab kesulitan yang dialami oleh siswa. berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa dari 24 siswa ma negeri 1 bandar dua yang dijadikan subjek penelitian yang paling banyak mengalami kesulitan adalah dalam memecahkan masalah dengan menggunakan operasi penjumlahan, pengurangan dan pembagian serta kesulitan dalam menggunakan konsep, kesulitan menggunakan prinsip, dan kesulitan penalaran dan komunikasi. pedoman wawancara berupa lembar jawaban siswa yang banyak melakukan kesalahan. dari hasil wawancara yang menjadi faktor kesulitan siswa adalah karena materi yang sulit dipahami, kemampuan siswa yang rendah, kurangnya latihan dalam mengerjakan soal limit fungsi aljabar dan metode penyampaian materi atau metode pembelajaran yang kurang

Tulisan yang relevan

KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Badratun Nafis, 2014) ,

KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI ALJABAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Khairul Rizal, 2019) ,

HASIL BELAJAR DAN KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Irwitadia Hasibuan, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi