PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK GEOGEBRA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA PENERAPAN…
Penelitian ini menganalisa tentang penerapan materi trigonometri di sekolah menengah khususnya mengenai rumus aturan sinus dan rumus aturan cosinus dalam kehidupan sehari-hari. Untuk penerapan rumus aturan sinus diambil contoh kasus pada penentuan jarak duduk ideal saat menonton televisi. Contoh penerapan aturan cosinus diambil kasus menentukan jarak dua buah kapal yaitu kapal ferry yang berlayar ke Sabang dan kapal speedboat yang berlayar ke Pulau Nasi. Untuk memudahkan peserta didik dalam …
PEMBELAJARAN MATERI TRIGONOMETRI MELALUI MODEL STAD DENGAN STRATEGI MNEMONIK …
ABSTRAK
Kata kunci : trigonometri, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, mnemonik, hasil belajar
Banyak siswa mengalami kesulitan pada materi trigonometri disebabkan banyaknya definisi, rumus, dan teorema yang perlu dipahami dan diingat. Maka peneliti melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran Materi Trigonometri Melalui Model STAD dengan Strategi Mnemonik di Kelas X SMAN 2 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014”. Model STAD adalah model pembela…
PROSES BERPIKIR SISWA SECARA KONSEPTUAL DAN SEKUENSIAL DALAM MENYELESAIKAN SO…
Kata kunci : Proses Berpikir, Proses Berpikir Konseptual, Proses Berpikir sekuensial
Matematika merupakan ilmu yang diperoleh dari hasil pemikiran dan penalaran, maka diharapkan siswa juga mempunyai kemampuan berpikir yang benar dibidang matematika. Untuk memahami dan menerapkan matematika dalam kehidupan, siswa haruslah menggunakan proses berpikir yang benar dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep matematika. Seorang guru matematika diharapkan dapat memahami proses berpikir …
TINGKAT BERPIKIR DAN KESULITAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA…
ABSTRAK
Kata kunci: Tingkat berpikir, kesulitan siswa, trigonometri
Trigonometri merupakan materi yang diajarkan di kelas XI SMA dan sangat penting untuk dipelajari karena memiliki banyak kontribusi dalam kehidupan sehari-hari dan berguna untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Fakta di lapangan menunjukkan hasil yang memprihatinkan dalam pembelajaran trigonometri. Banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM dan hasil belajar siswa yang belum memuaskan. Penelitian ini berjudul …
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KEL…
ABSTRAK
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Kooperatif Tipe NHT dan Kooperatif Tipe TPS
Banyak terapan model pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika, diantaranya Student Team Achievement Division (STAD), Number Heads Together (NHT) dan Think-Pair-Share (TPS) pada materi trigonometri di MAN Model Banda Aceh. Dalam penerapannya, masing-masing model tersebut mempunyai langkah-langkah yang berbeda. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apak…
KAJIAN MATEMATIKA SEGIENAM SARANG LEBAH
Salah satu unsur matematika di alam yang menakjubkan adalah sarang lebah yang memiliki bentuk segienam yang mencerrminkan desain geometri yang luar biasa. Para ahli matematika telah melakukan perhitungan yang panjang untuk mengemukakan alasan di balik bentuk segienam tersebut. Mereka menyimpulkan bahwa cara terbaik membangun gudang simpanan dengan kapasitas terbesar dan material yang sedikit adalah dengan bentuk dinding kantung sel berbentuk segienam beraturan. Para ahli matematika juga meng…
Penguasaan Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X Man Kuta Baro Aceh Besar Ta…
ABSTRAK
Kata Kunci: Penguasaan Siswa dan Materi Trigonometri
Hampir setiap segi kehidupan kita menggunakan matematika, baik langsung maupun tidak langsung. Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang dihadapkan kepada berbagai masalah yang perlu diselesaikan secara cermat dan rasional dengan alat dan pola pikir matematika. Trigonometri merupakan materi pokok yang banyak menggunakan konsep yang akan terus berkembang dan bukan materi hafalan sehingga apabila siswa belum menguasai konsep materi …
PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN PENDEKATANRNMETAKOGNITIF DI KELAS X SMA LAB …
Kemampuan siswa kelas X SMA Lab School Unsyiah Banda Aceh dalam mengerjakan soal trigonometri sangat terbatas dikarenakan pembelajaran trigonometri identik dengan rumus-rumus yang rumit. Hal itu terlihat dari kesalahan yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan persoalan trigonometri. Salah satu pendekatan yang cocok untuk melatih siswa agar memiliki kemampuan memecahkan dan menyelesaikan soal-soal trigonometri adalah pendekatan metakognitif. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengeta…