Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK …

Salmida

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Pendekatan Science Environment Technology and Society (SETS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kesadaran Lingkungan Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 1 Ingin Jaya pada Materi Koloid Tahun Pembelajaran 2016/2017”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan kesadaran lingkungan siswa serta untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pendekatan SETS. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, in…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJ…

Rizka Machrina Putri

ABSTRAK Kecemasan merupakan salah satu bentuk emosi individu yang berkenaan dengan adanya rasa terancam oleh sesuatu, biasanya dengan objek ancaman yang tidak begitu jelas. Kecemasan dengan intensitas wajar dapat dianggap memiliki nilai positif sebagai motivasi, tetapi apabila intensitasnya tinggi dan bersifat negatif dapat menimbulkan kerugian dan dapat mengganggu keadaan fisik dan psikis individu yang bersangkutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang hubungan antar…

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENDAPATKAN TUGAS INDIVIDU DENGAN TUGAS…

Putri Malasari

ABSTRAK Kata kunci : Hasil belajar, pemberian tugas individu dan tugas kelompok Penelitian yang berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Mendapatkan Tugas Individu Dengan Tugas Kelompok Pada Pelajaran Fisika Dikelas VII MTsN Rukoh Banda Aceh” telah dilaksanakan pada tanggal 8-22 februari 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan hasil belajar siswa yang mendapatkan tugas individu dengan tugas kelompok pada materi gerak di MTsN Rukoh Banda Aceh. Subjek dala…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DISERTAI CROSSWORD PUZZLE…

SAHARA

ABSTRAK Kata kunci: penerapan, jigsaw, crossword puzzle, hasil belajar, IPS Terpadu Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif yang menitik beratkan kepada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok ahli. Crossword puzzle merupakan suatu permainan dimana siswa harus mengisi ruang-ruang kosong dengan huruf-huruf yang berbentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk atau pertanyaan yang diberikan (mendatar dan menurun) tergantung arah kata-kata yang harus diisi. Rumusan masalah penelitian ini a…

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN MODEL MODEL PEMBELAJARAN PLAN…

Juna Erli

ABSTRAK Kata kunci: model pembelajaran, plantet question, strategi ekspositori, hasil belajar Model pembelajaran plantet question merupakan teknik pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk berani bertanya dan memberi pendapat, sedangkan karakteristik strategi ekspositori diharapkan siswa dapat menangkap dan mengingat informasi yang telah diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas VIII-6 MTsN Rukoh Banda Aceh melalui pene…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI KELILING DAN LUA…

NUZUL KURYANI

ABSTRAK Kata Kunci: Model kooperatif tipe NHT, keliling dan luas bangun datar Judul dari penelitian ini adalah “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SDN Lhokseumulu Aceh Besar”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SDN Lhokseumulu Aceh Besar?”. Sedangk…

PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) UNTUK KETUNTASAN HASIL BELAJA…

Amalia Susana

Kata kunci : Model Pembelajaran, Siklus Belajar (Learning cycle), Sistem Pencernaan Manusia, Hasil Belajar Penelitian berjudul “Penerapan Model Siklus Belajar (Learning cycle) untuk ketuntasan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas XI SMA Negeri 3 Banda Aceh” telah dilaksanakan sejak tanggal 11 Maret sampai dengan 10 April 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar biologi pada materi Sistem Pencernaan Manusia di kelas XI s…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PA…

Sri Kemalasari

ABSTRAK Kata Kunci: Kooperatif tipe NHT, KPK dan FPB, Ketuntasan Belajar Materi KPK dan FPB merupakan salah satu materi yang diajarkan di kelas V SD pada semester I. Pemilihan materi ini didasari dengan adanya kesulitan siswa dalam memahami materi KPK dan FPB, salah satunya adalah menentukan faktorisasi prima dan persekutuan bilangan. Dari sulitnya siswa memahami materi tersebut menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Dari masalah tersebut, penulis mengadakan penelitian yang berj…

PENERAPAN PETA KONSEP PADA MATERI PENINGGALAN SEJARAH DI KELAS IV SD NEGERI 1…

safrizal

ABSTRAK Kata kunci: Peta Konsep, IPS, Peningggalan Sejarah Penelitian ini berjudul“Penerapan Peta Konsep Pada Materi Peninggalan Sejarah Di Kelas IV SD Negeri 1 Keude Seumot Nagan Raya”. Permasalahan yang diangkat adalah “Apakah penerapan peta konsep dalam pembelajaran IPS pada materi peninggalan sejarah dapat membantu siswa mencapai ketuntasan hasil belajar di kelas IV SD Negeri 1 Keude Seumot Nagan Raya?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar sisw…

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI HUBUNGAN KENAMPAKAN ALAM, SOSIAL, DA…

MAISAR

ABSTRAK Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Demonstrasi Penelitian ini berjudul “Penerapan metode demonstrasi pada materi hubungan kenampakan alam, sosial, dan budaya dengan gejalanya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Lamsayuen Aceh Besar”. Permasalahan penelitian ini adalah apakah aktivitas guru dan siswa dalam mempelajari materi hubungan kenampakan alam, sosial, dan budaya dengan gejalanya dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasi…




    SERVICES DESK