Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGARUH METODE BRAIN GYM (SENAM OTAK) TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA PAD…

RENI AGUSTINA

Reni Agustina (2022). Pengaruh Metode Brain Gym (Senam Otak) Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PJOK Kelas VIII SMP Negeri 1 Darul Imarah Tahun Ajaran 2022/2023. Senam Otak adalah serangkaian latihan gerak sederhana untuk memudahkan kegiatan belajar dan penyesuaian dengan tuntunan sehari-hari yang bertujuan untuk menyatukan pikiran dan tubuh. Konsentrasi adalah pemusatan perhatian pikiran terhadap suatu hal dengan mengesampingkan semua hal lainnya yang tidak berhubunga…

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATK…

Cut Yenni Mastura

ABSTRAK Cut Yenni Mastura (2022). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-6 di SMP Negeri 17 Banda Aceh Kemampuan siswa untuk berpikir secara kritis adalah hal yang sangat penting untuk dikembangkan karena dengan siswa memiliki kemampuan tersebut maka siswa akan lebih mudah ketika menghadapi suatu masalah dan cara menyelesaikan masalah terutama dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian in…

THE IMPLEMENTATION OF SNOWBALL THROWING MODEL IN TEACHING SPEAKING (AN EXPERI…

Rahmatul Ukhra

Abstract Name : Rahmatul Ukhra Student No. : 0906102050052 Study Program : English Language Education Title : The Implementation of Snowball Throwing Model in Teaching Speaking. (An Experimental Study at SMP Negeri 17 Banda Aceh) Keyword: speaking, snowball throwing model The is study intended to find out whether Snowball Throwing model improves the students’ speaking skill at the second grade of SMP Negeri 17 Banda Aceh or not . Quantitative approach with experim…

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN METODE INQUIRY DENGAN KONV…

INDAH LESTARI

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang melibatkan siswa itu sendiri untuk bereksperimen, yaitu mencoba mencari tahu apa yang terjadi, mengajukan pertanyaan dan berupaya menemukan sendiri jawabannya, mencocokkan apa yang ditemukan di waktu yang lain, dan membandingkan hasil temuannya dengan temuan siswa yang lainnya. Salah satu metode pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif, dan kritis adalah metode inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan prestasi bela…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DEN…

JULIA MESNA

Mesna, Julia. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Berbantuan Media Kotak Misteri pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd (2) Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran …

PENGARUH PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP HASIL BEL…

ANNISA AYU SAFITRI

Safitri, Annisa, Ayu. 2022. Pengaruh Penerapan Model Guided Inquiry Berbantuan E-modul Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Asiah M.D., M.P. (2) Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd Kata Kunci: guided inquiry, e-modul , hasil belajar Hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi yang masih di bawah standar Kri…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA P…

Hadawiyah Husni

ABSTRAK Husni, Hadawiyah. (2022). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Berbantuan Media Papan Buletin Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siwa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kuta Baro” Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Falkutas Kegururan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Zulfan, M. Hum (2) T. Bahagia Kesuma, S.Pd., M.Pd Permasalahan pada penelitian ini adalah terdapat kurangnya minat belajar siswa. Tujuan penelitian adalah un…

PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME MELALUI PENGEMBANGAN LKPD ISLE BERBASIS STEM PAD…

TENGKU DIAH ZULISMI PUTRI

Pengembangan LKPD ISLE Berbasis STEM Pada materi Gelombang stasioner dengan percobaan melde dilakukan untuk menghasilkan LKPD materi gelombang stasioner yang sesuai dengan langkah-langkah ISLE, mengetahui Peningkatan Hasil belajar siswa pada materi gelombang stasioner. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di Pusat Studi STEM UNSYIA…

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK M…

Riska Lisanti

Pembelajaran fisika adalah pembelajaran yang berkaitan dengan fenomena alam, bukan hanya berupa hafalan melainkan lebih menuntut kepada pemahaman, aplikasi dan konsepnya yang secara ilmiah diintegrasikan dalam penguasaan konsep dan keterampilan pemecahan masalah. Tujuan penelitian menghasilkan LKPD yang layak digunakan, mengembangkan LKPD berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan pemecahan masalah. Metode yang digunakan penelitian dan pengembangan (R&…

PEMBELAJARAN PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR

Samsari

Kata Kunci : Pembelajaran, Menulis Puisi, Bahasa Indonesia. Penelitian ini berjudul pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitia…




    SERVICES DESK