Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAN PROFESIONAL PERAWAT DENGAN MOTIVASI BELAJAR MA…

Heldizal

Pengetahuan peran profesional perawat yang mencakup sebagai pemberi pelayanan kesehatan (care giver). pendidik (educator). pengelola dan peneIiti diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa baik secara internal dan ekstemal yang sedang menjalani proses pendidikan untuk perubahan tingkah laku. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan pengetahuan peran profesional perawat dengan motivasi belajar mahasiswa Reguler dan Non Reguler A PSIK FK …

PENERAPAN EDMODO BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVAS…

DHIETA DEWI UTAMI

ABSTRAK Salah satu kesulitan yang muncul saat pembelajaran daring yaitu motivasi dan kemandirian belajar siswa yang kurang. Guru dituntut untuk mampu menguasai berbagai macam teknologi agar mampu menerapkan pembelajaran daring yang mampu meningkatkan motivasi dan kemandirian. Edmodo merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan saat pembelajaran daring dan menyediakan fitur yang membuat komunikasi dan kolaborasi antara guru dan siswa menjadi lebih mudah. Tujuan penelitian ini adalah un…

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK FKIP UNIV…

Julaiha

Penelitian ini terkait peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di TK FKI Universitas Syiah Kuala. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 guru. Lokasi penelitian di T…

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHA…

M. AGUNG APRILIADI

Prokrastinasi akademik merupakan permasalahan umum yang dihadapi oleh mahasiswa. Perilaku menunda-nunda untuk memulai dan menyelesaikan tugas-tugas akademik yang dialami oleh mahasiswa karena beberapa faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku prokrastinasi akademik adalah motivasi belajar dan efikasi diri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik. Tujuan penelitian ialah …

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PROG…

Eka Maulidya

Motivasi merupakan sebuah konsep eksplanatoris yang dimanfaatkan untuk memahami perilaku-perilaku yang diamati. Perawat harus memiliki tiga kemampuan yaitu : pengetahuan, sikap, dan keterampilan.Prestasi akademik merupakan perubahan dalam hal kecakapan tingkah laku ataupun kemampuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan indeks prestasi akademik pada mahasiswa PSIK FK Unsyiah Banda Aceh Tahun 2013. Jenis penelitia…

ANALISIS KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI SISWA SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH PADA M…

Nurul Husna

ABSTRAK Kata kunci: Multi representasi, submikroskopik, makroskopik, simbolik Telah dilakukan penelitian dengan judul “Analisis Kemampuan Multi Representasi Siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh Pada Materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya”. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kemampuan multi representasi siswa dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan multi representasi siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh pada sekolah akreditasi A dan sekolah akreditasi B. Pendekatan yang dig…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE INVESTIGASI KELOMPOK ME…

Veny Meyliani Zaiyan

ABSTRAK Kata kunci : Cooperatif Learning tipe investigasi kelompok, pembelajaran, keterampilan proses sains, hasil belajar Dalam proses belajar mengajar guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu dengan ceramah sehingga siswa hanya menerima ilmu dari guru, dalam proses belajar ini siswa mendengar, mencatat dan bertanya kepada guru tanpa menemukan dan mencari tahu sendiri, padahal dengan menemukan sendiri siswa akan lebih mengingat suatu hal. Bertolak dari masalah d…

PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK YANG DIAJARKAN MELALUI ALA…

Cut Nanda Intania

ABSTRAK Intania, Cut Nanda. 2017. Perbandingan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik yang Diajarkan Melalui Alat Peraga Dan Alat Laboratorium Di Sma 1 Krueng Barona Jaya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Hamid, M.Si (2) Dr. Muhammad Syukri, S.Pd, M.Ed Kata Kunci: Alat Peraga, Alat Laboratorium, Motivasi Alat peraga dan alat laboratorium dibidang pendidikan mempunyai tujuan yang sama, yaitu ag…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya

PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA YANG DI AJARKAN DENGAN PHET SIMULATIO…

Muhammad Rizki Fajri

Penelitan yang berjudul Perbedaan Motivasi Belajar Fisika Siswa yang di Ajarkan dengan PhET Simulation dan Praktikum di SMA Negeri 1 Kembang Tanjong bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar fisika siswa yang di ajarkan dengan phET Simulation dan praktikum di SMA Negeri 1 Kembang Tanjong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Quasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA1, X-IPA2, X-IPA3, X-IPA4, X-IPA5 dan X-IPA6 yang berjumlah 170 siswa, y…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2016
  • Baca Selengkapnya

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN P…

Fadlia Hanum

ABSTRAK Hanum, Fadlia. 2011. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Dan Problem Posing Pada Materi Cahaya Siswa Kelas VIII di Smp Negeri 1 Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Drs. Soewarno S, M.Si., (2) Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Problem Solving, Metode Problem Posing Hasil Belajar diperoleh sebagai akibat dari pro…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2016
  • Baca Selengkapnya



    SERVICES DESK