Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIA…

MARZANNAH

ABSTRAK Kata kunci: Pendekatan Scientific, Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, Ketuntasan Belajar. Pendekatan Scientific adalah suatu strategi yang direncanakan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikir tingkat tinggi dan kreatif. Melalui lima aktivitas belajar dalam penerapan pendekatan ini yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengumpulkan data/eksperimen, mengasosiasi, dan mengomunikasikan dapat mengembangkan keterampilan berpikir untuk mengembangkan ingin tahu siswa, …

ANALISIS KUALITAS TES UJIAN AKHIR SEMESTER II BIDANG STUDI MATEMATIKA KELAS V…

YUNILIASARI

ABSTRAK Kata Kunci: Analisis, Kualitas Tes, Ujian Akhir Semester Tes merupakan suatu prosedur untuk mengukur kemampuan tertentu. Suatu tes hendaknya memiliki kualitas yang baik sehingga dapat mengukur apa yang hendak diukur.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualiatas tes ujian akhir semester. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan dua analisis yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian meliputi lembar ja…

PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERBAN…

OLISNAWATI

ABSTRAK Kata Kunci: Penilaian Autentik, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Penilaian autetik merupakan salah satu alternatif penilaian yang mampu menilai kinerja atau hasil belajar siswa yang sebenarnya. Penilaian autentik merupakan salah satu komponen CTL. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang dapat membantu guru mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan situasi dunia nyata, serta mampu mendorong siswa membuat hubu…

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA B…

Nurul Amalia

ABSTRAK Kata Kunci : analisis kesulitan, penyebab kesulitan, operasi hitung pada bilangan pecahan Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Kenyataannya saat ini seringkali siswa tidak dapat menyelesaikan soal-soal matematika secara tuntas, yang disebabkan oleh ketidakmampuan siswa memahami atau mengingat konsep-konsep dasar matematika. Sehingga prestasi siswa belum mencapai kri…

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA KOMIK MATEMATIKA PADA MATERI LAM…

Putri Rahayu

ABSTRAK Kata Kunci : Ketuntasan Hasil Belajar, Media Komik Matematika, Lambang Bilangan Romawi. Siswa sering mengalami kesulitan dalam belajar matematika, terutama pada materi lambang bilangan romawi. Banyak siswa yang merasa bosan dan malas untuk belajar. Hal ini dapat ditandai dengan banyaknya siswa yang tidak dapat mencapai ketuntasan hasil belajar. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang dapat mengakrabkan matematika dengan siswa. Salah satunya dengan menggunaka…

HUBUNGAN SIKAP SISWA PADA PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR…

AZIZAH

Kata kunci : hubungan,sikap siswa,prestasi belajarPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan Sikap siswapada pemberian pekerjaan rumah dan prestasi belajar matematika di kelas VII SMPN 16 Banda Aceh Tahun pelajaran 2013/2014.Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan lembaran pernyataan yang telah dipersiapkan kepada 32 orang siswa dan nilai rapor siswa dikelas VII SMPN 16 Banda Aceh.Data pernyataan ini selanjutnya ditabulasi dengan menggunakan skala likert dan .D…

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ARITMAT…

IRWANDA T. SUDIRMAN

ABSTRAK. PENDIDIKAN MATEMATIKA DAPAT MEMBENTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, LOGIS TANGGUNG JAWAB, KREATIF SERTA DINAMIS. Melalui pelajaran matematikadiharapkan dapat menumbuhkan kemampuan-kemampuan yang lebih bermanfaat untuk mengatasi masalah-masalah yang diperkirakan akan di hadapi siswa dimasa depan. Kemampuan tersebut diantaranya adalah kemeampuan memecahkan masalah. Berdasarkan hal tersebut penulis akan meneliti apakah hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah pada materi …

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA RNMATERI FUNGSI INVERS DI KELAS XI SMA NE…

LARAS WULANSARI

ABSTRAK Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Fungsi Invers, Ketuntasan Belajar. Pendekatan Saintifik adalah suatu strategi yang direncanakan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikir tingkat tinggi dan kreatif. Pendekatan ini melalui lima aktivitas belajar dalam penerapan pendekatan ini yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengumpulkan data/eksperimen, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Penulis mencoba menerapkan pendekatan saintifik pada materi fungsi invers. Tujuan penelitia…

ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALA…

Eka Agustiya

ABSTRAK Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar Gaya belajar merupakan cara yang cenderung dipilih seseorang dalam belajar baik menerima, mengolah, dan menyimpan informasi. Gaya belajar tidak hanya kegiatan seperti melihat, mendengar, menulis, dan berkata, tetapi juga aspek dalam mengolah informasi, dan merespon sesuatu secara abstrak dan konkret. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar siswa dalam pembelajaran matematika dan pengaruh gaya belajar terhadap hasi…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERVARIASI PAD…

Rahmat Muliya Fitri

ABSTRAK Kata Kunci: Model Pembelajaran Langsung, Media Bervariasi, Materi Geometri Penelitian berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Menggunakan Media Bervariasi pada Materi Geometri di Kelas IV SD Negeri 1 Jaya Kabupaten Aceh Jaya”. Model pembelajaran langsung dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik, yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang be…




    SERVICES DESK