Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERSEPSI SISWA DENGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TAHFIDZUL QURAN TERHADAP MATEMATIKA
Pengarang
Cut Maisarah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
M. Ikhsan - 196407221989031002 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1706103020008
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Matematika itu penting dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari serta
aplikasinya banyak digunakan dalam ilmu pengetahuan. Namun kenyataannya,
sampai saat ini masih banyak siswa pada umumya memiliki persepsi negatif serta
kurang tertarik terhadap matematika dan tidak sedikit pula yang mengasumsikan
matematika menyeramkan, hingga sedapat mungkin untuk dihindari. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana persepsi siswa MAN Aceh Barat
Daya yang berlatar belakang pendidikan tahfidzul quran terhadap matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek pada
penelitian ini adalah siswa MAN Aceh Barat Daya yang berlatar belakang
pendidikan tahfidzul quran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri, sedangkan
instrumen pendukung berupa pedoman wawancara semi terstruktur. Data dianalisis
dengan menggunakan prosedur yang dikemukakan oleh Miles and Huberman yaitu
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa siswa MAN Aceh Barat Daya yang berlatar belakang
pendidikan tahfidzul quran umumnya masih memiliki persepsi negatif terhadap
matematika pada indikator menerima materi dan menilai matematika.
Kata Kunci: Persepsi Siswa, Pendidikan Tahfidzul Quran, Matematika.
Mathematics is important and useful in everyday life as well its applications are widely used in science. But in reality, until now there are still many students in general have negative perceptions and less interested in mathematics and not a few who assume scary math, to be avoided as much as possible. Purpose This study is to examine how the perceptions of MAN Aceh Barat Daya students with the educational background of tahfidzul quran towards mathematics. This research is a qualitative research with descriptive type. Subject on In this study, the students of MAN Aceh Barat Daya with a background of tahfidzul quran education. The data collection techniques used are interview. The main instrument in this research is the researcher himself, while supporting instruments in the form of semi-structured interview guidelines. Data analyzed using the procedure proposed by Miles and Huberman, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study shows that MAN Aceh Barat Daya students with a background of Tahfidzul Quran education generally still has a negative perception of mathematics on indicators of receiving material and assessing mathematics. Keywords: Student Perception, Tahfidzul Quran Education, Mathematics.
PERBANDINGAN NILAI MATEMATIKA KELAS PAGI DENGAN KELAS SORE PADA SISWA SLTP MENGGUNAKAN KLASIFIKASI SKOR PROPENSITAS (Desy Widiastuty, 2021)
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BERDASARKAN LATAR BELAKANG PEMINATAN DI SMA/MA (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2014-2017) (NURJANNAH, 2020)
PERBEDAAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN FORMAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 31 BANDA ACEH (Lisa Nadiya, 2014)
PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (ZALEKHA, 2014)
PERSEPSI GURU TERHADAP MATERI MATEMATIKA DI BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV, V, VI, PADA KURIKULUM 2013 DI GUGUS DELIMA KOTA BANDA ACEH (Warahmah, 2017)