Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COCOAER PADA KONSEP FLUIDA STATIS
Pengarang
Suriana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Zainuddin - 196312311991021002 - Dosen Pembimbing I
Abdul Hamid - 196605251991031003 - Dosen Pembimbing II
Muhammad Syukri - 198209212006041004 - Penguji
Elmi Mahzum - 196802071993031003 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1706103030034
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Suriana. 2021. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran CoCoAER pada konsep Fluida Statis. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
(1) Dr. Zainuddin, M.Pd (2) Drs. Abdul Hamid, M.Si
Penelitian yang berjudul “Efektivitas penerapan model pembelajaran CoCoAER pada konsep fluida statis” bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran CoCoAER dalam pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis di MAN 1 Aceh Selatan. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Exsperimental Design dengan desain penelitian None Quivalent. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah 53 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument test (test pemahaman konsep) menggunakan Three-tier test dan instrument non tes (RPP, LKPD, Lembar pengamatan guru, lembar pengamatan peserta didik dan angket repon peserta didik). Teknik analisis data menggunakan deksriptif kuantitatif dan kualitatif serta perhitungan N-Gain Score. Hasil analisis data nilai rata-rata N-Gain memperoleh hasil sebesar 0,7. Kesimpulan yang diperoleh terhadap penerapan model pembelajaran CoCoAER efektif pada konsep Fluida Statis di MAN 1 Aceh Selatan.
Kata kunci: Efektivitas, Model CoCoAER, Fluida statis, Three-tier test
ABSTRACT Suriana. 2021. The effectiveness of the application of the CoCoAER learning model on the concept of static fluid. Skripsi, Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. (1) Dr. Zainuddin, M.Pd (2) Drs. Abdul Hamid, M.Si The research entitled " The effectiveness of the application of the CoCoAER learning model on the concept of static fluid" aims to determine the effectiveness of the CoCoAER learning model in understanding students' concepts of static fluid material at MAN 1 Aceh Selatan. This research methodology uses a qualitative and quantitative approach with a Quasi Experimental Design research type with a None Quivalent research design. The sample in this study was class XI students, totaling 53 people. The research instrument used was a test instrument (concept understanding test) using a three-tier test and non-test instruments (Learning design, student worksheets, teacher observation sheets, student observation sheets and student response questionnaires). The data analysis technique uses quantitative and qualitative descriptive and N-Gain Score calculations. The results of the data analysis of the average N-Gain value obtained a result of 0.7. The conclusions obtained on the application of the effective CoCoAER learning model on the concept of Static Fluids at MAN 1 Aceh Selatan. Keywords: Effectiveness, CoCoAER Model, Static fluid, Three-tier test
METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)
PENGGUNAAN MODEL COCOAER UNTUK MENCEGAH POTENSI MISKONSEPSI SISWA PADA TOPIK LISTRIK STATIS (ADEK SAFRIZAL, 2021)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)
PERBEDAAN HASIL BELAJAR KONSEP FLUIDA STATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN THINK PAIR SQUARE SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Cut Rizki Mustika, 2015)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR (DESI ARI SANDI, 2016)