EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COCOAER PADA KONSEP FLUIDA STATIS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COCOAER PADA KONSEP FLUIDA STATIS


Pengarang

Suriana - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Zainuddin - 196312311991021002 - Dosen Pembimbing I
Abdul Hamid - 196605251991031003 - Dosen Pembimbing II
Muhammad Syukri - 198209212006041004 - Penguji
Elmi Mahzum - 196802071993031003 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103030034

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Suriana. 2021. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran CoCoAER pada konsep Fluida Statis. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
(1) Dr. Zainuddin, M.Pd (2) Drs. Abdul Hamid, M.Si
Penelitian yang berjudul “Efektivitas penerapan model pembelajaran CoCoAER pada konsep fluida statis” bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran CoCoAER dalam pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis di MAN 1 Aceh Selatan. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Exsperimental Design dengan desain penelitian None Quivalent. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah 53 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument test (test pemahaman konsep) menggunakan Three-tier test dan instrument non tes (RPP, LKPD, Lembar pengamatan guru, lembar pengamatan peserta didik dan angket repon peserta didik). Teknik analisis data menggunakan deksriptif kuantitatif dan kualitatif serta perhitungan N-Gain Score. Hasil analisis data nilai rata-rata N-Gain memperoleh hasil sebesar 0,7. Kesimpulan yang diperoleh terhadap penerapan model pembelajaran CoCoAER efektif pada konsep Fluida Statis di MAN 1 Aceh Selatan.

Kata kunci: Efektivitas, Model CoCoAER, Fluida statis, Three-tier test

ABSTRACT Suriana. 2021. The effectiveness of the application of the CoCoAER learning model on the concept of static fluid. Skripsi, Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. (1) Dr. Zainuddin, M.Pd (2) Drs. Abdul Hamid, M.Si The research entitled " The effectiveness of the application of the CoCoAER learning model on the concept of static fluid" aims to determine the effectiveness of the CoCoAER learning model in understanding students' concepts of static fluid material at MAN 1 Aceh Selatan. This research methodology uses a qualitative and quantitative approach with a Quasi Experimental Design research type with a None Quivalent research design. The sample in this study was class XI students, totaling 53 people. The research instrument used was a test instrument (concept understanding test) using a three-tier test and non-test instruments (Learning design, student worksheets, teacher observation sheets, student observation sheets and student response questionnaires). The data analysis technique uses quantitative and qualitative descriptive and N-Gain Score calculations. The results of the data analysis of the average N-Gain value obtained a result of 0.7. The conclusions obtained on the application of the effective CoCoAER learning model on the concept of Static Fluids at MAN 1 Aceh Selatan. Keywords: Effectiveness, CoCoAER Model, Static fluid, Three-tier test

Citation



    SERVICES DESK