HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN AMAN ORANG TUA-ANAK DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI MAN 6 ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN AMAN ORANG TUA-ANAK DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI MAN 6 ACEH BESAR


Pengarang

Rismawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing

M. Husen - 195703271986031004 - Dosen Pembimbing I
Abu Bakar - 196712081992031003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706104030006

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.192

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Rismawati, 2021 Hubungan Kelekatan Orang tua-anak dengan Kedisiplinan Siswa di MAN 6 Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Dosen Pembimbing:
1) Drs. M. Husen, M.Pd 2) Drs. Abu Bakar, M.Si
Kata Kunci : Kelekatan Orang tua-anak, Kedisiplinan Siswa
Kelekatan orang tua-anak akan menimbulkan kelekatan aman, kelekatan aman antara orang tua-anak dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Kelekatan orang tua-anak yang aman sangat berhubungan dengan kedisiplinan siswa, yaitu semakin tinggi kelekatan aman orang tua-anak semakin tinggi pula kedisiplinannya begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelekatan orang tua-anak dengan siswa di MAN 6 Aceh Besar, untuk mengetahui kedisiplinan siswa di MAN 6 Aceh Besar dan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan orang tua-anak dengan kedisiplinan siswa MAN 6 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa di MAN 6 Aceh Besar berjumlah 240 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 148 siswa dengan pengambilan sampel random yaitu secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan modifikasi skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan kelekatan orang tua-anak pada siswa di MAN 6 Aceh Besar berada pada kategori sedang dengan presentase 65.5% dan tingkat kedisiplinan siswa pada siswa MAN 6 Aceh Besar juga berada pada kategori sedang 63.5%, hasil korelasi menunjukan adanya hubungan positif yang signifikan antara kelekatan orang tua-anak dengan kedisiplinan siswa dengan nilai korelasi 0.438 dan signifikan 0.00 artinya semakin tinggi kelekatan orang tua-anak maka semakin tinggi pula kedisiplinan siswa. Begitu juga sebaliknya, apabila kelekatan orang tua-anak rendah maka kedisiplinan siswa juga rendah.

Rismawati, 2021 Parent-child Attachment Relationship with Student Discipline at MAN 6 Aceh Besar. Thesis, Department of Guidance and Counseling. Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. Supervisor: 1) Drs. M. Husen, M.Pd 2) Drs. Abu Bakr, M. Si Keywords: Parent-child attachment, Student Discipline Parent-child attachment will lead to safe attachment, safe attachment between parents-child can improve student discipline. Safe parent-child attachment is closely related to student discipline, namely the higher the parent-child secure attachment the higher the discipline and vice versa. This study aims to determine parent-child attachment to students at MAN 6 Aceh Besar, to determine student discipline at MAN 6 Aceh Besar and to determine the relationship between parent-child attachment and student discipline at MAN 6 Aceh Besar. This research uses a descriptive quantitative approach of correlational type. The population in this study were all students at MAN 6 Aceh Besar totaling 240 students with a total sample of 148 students with random sampling that is random. The data collection technique used a modified Likert scale. The results of this study indicate parent-child attachment to students at MAN 6 Aceh Besar is in the medium category with a percentage of 65.5% and the level of student discipline in MAN 6 Aceh Besar students is also in the moderate category 63.5%, the correlation results show a significant positive relationship between parent-child attachment and student discipline with a correlation value of 0.438 and a significant 0.00 meaning that the higher the parent-child attachment, the higher the student's discipline. Vice versa, if parent-child attachment is low, student discipline is also low.

Citation



    SERVICES DESK