ANALISIS MEKANIKA BATU GAMPING DI KECAMATAN JAYA,LHONG,DAN LHOKNGA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS MEKANIKA BATU GAMPING DI KECAMATAN JAYA,LHONG,DAN LHOKNGA


Pengarang

Raihan - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0708102010018

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Fisika (S1) / PDDIKTI : 45201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2012

Bahasa

Indonesia

No Classification

531

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilak:ukan analisis mekanika batugamping di Kecamatan Jaya, Lhong, dan Lhoknga. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan batugamping berdasarkan uji fisik dan uji mekanika batuan serta mengetahui peluang pemanfaatan batugamping berdasarkan Standar lndustri Indonesia (SII) 0378-80 sebagai syarat mutu batu alam untuk bahan bangunan. Sampel yang diuji berasal dari Kecamatan Jaya, Lhong, dan Lhoknga Kabupalen Aceh Besar. Kelima sampel dari masing• masing kecamatan dilakukan pengujian sifat fisik (porositas, specific gravity, absorpsi) dan pengujian sifat Mekanik (kuat tekan, modulus Young, keausan). Data hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai berat jenis asli yaitu berkisar antara 2,01 gram/cm'-2,66 gram/cm'; berat jenis jenuh berkisar antara 2,02 gram/cm'-2,67 gram/cm'; berat jenis kering berkisar antara 1,98 gram/cm'-2,64 gram/cm; absorpsi berkisar antara 0,39%-1,91%, serta nilai porositas yang berkisar antara 0,91%-3,78%. Pengujian mek.anika batugamping diperoleh nilai kuat tekan yang berkisar atara
347,89 MPa-444,85 MPa dan nilai modulus Young_yaitu 40,01 x 1" Nm47,21 x
10' Nm'. Hasil analisis mekanika batugamping di Kecamatan Jaya, Lhong, dan
Lhoknga berdasarkan S11 0378-80 dapat dimanfaatkan untuk pondasi dan batu tepi jalan. Selain itu, batugamping memiliki wama yang indah dan hampir menyerupai marmer sehingga dapat dimanfaatkan untuk batu hias atau batu tempel, serta kerajinan tangan yang terbuat dari batu.

Kata Kunci: Batugamping, porositas, berat jenis, kuat tekan, modulus Young

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK