Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PEMBELAJARAN PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR
Pengarang
Samsari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Ramli - 196312311988101001 - Dosen Pembimbing I
Budi Arianto - 197201232005011001 - Dosen Pembimbing II
Denni Iskandar - 196902161994031003 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1806102010001
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
808.81
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata Kunci : Pembelajaran, Menulis Puisi, Bahasa Indonesia.
Penelitian ini berjudul pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan yang digunakan oleh guru kurang sesuai karena di dalam RPP tersebut guru tidak melampirkan susunan bahan ajar. Guru juga tidak merencanakan kegiatan pengayaan atau remedial bagi peserta didik. Pada pelaksanaan pembelajaran guru tidak menerapkan pembelajaran dengan pedekatan teknologi karena keterbatasan guru dalam penggunaan teknologi informasi. Kemudian pada proses evaluasi guru memberikan soal dalam bentuk uraian kepada peserta didik, sebagian peserta didik mampu memahami pembelajaran puisi dan sebagian peserta didik masih belum untuk memahami pembelajaran puisi.
Keywords: Learning, Poetry Writing, Indonesian. This study entitled learning to write poetry for class VII students of SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. The formulation of the problem in this study is how to plan, implement, and evaluate learning to write poetry for class VII students of SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. This study aims to describe lesson plans, learning implementation, and learning evaluation. The method used in this research is descriptive qualitative, data collection techniques are observation and documentation. Data analysis techniques through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the planning used by the teacher is not appropriate because in the lesson plan the teacher does not attach an arrangement of teaching materials. Teachers also do not plan enrichment or remedial activities for students. In the implementation of learning the teacher does not apply learning with a technological approach because of the limitations of the teacher in the use of information technology. Then in the evaluation process the teacher gives questions in the form of descriptions to students, some students are able to understand poetry learning and some students still do not understand poetry learning.
KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 12 BANDA ACEH (RISMI WINDAYANI, 2013)
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENULIS PUISI KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH (hastuti, 2015)
KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS V SD NEGERI LAMREUNG ACEH BESAR (Rika Andriani, 2015)
KEMAMPUAN MEMPARAFRASE PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI 69 BANDA ACEH (Kasmawati Sm, 2017)
TINGKAT KEMAMPUAN MENYIMAK PUISI SISWA KELAS II SD NEGERI 69 BANDA ACEH (FARADHILA RISNA, 2014)