PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MEMBENTUK KARAKTER KERJASAMA DAN TANGGUNG JAWAB PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MEMBENTUK KARAKTER KERJASAMA DAN TANGGUNG JAWAB PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH


Pengarang

ROZATINUR - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Erna Hayati - 195911041990032001 - Dosen Pembimbing I
Muhammad Yunus - 197203102005011001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1806101010040

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Rozatinur. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam Membentuk Karakter Kerjasama dan Tanggung Jawab Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Penelitian ini berjudul: “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam Membentuk Karakter Kerjasama dan Tanggung Jawab Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran PPKn dapat membentuk karakter kerja sama pada kelas IX-2 di SMP Negeri 8 Banda Aceh, (2) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran PPKn dapat membentuk karakter tanggung jawab pada kelas IX-2 di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas IX-2 SMP Negeri 8 Banda Aceh. sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran group investigation dan karakter kerjasama dan tanggung jawab siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis data deskriptif dengan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran group investigation dapat membentuk karakter kerjasama dan tanggung jawab siswa. Hal ini dapat diketahui dari sebelum tindakan kerjasama siswa hanya mendapatkan rata-rata 48 dan tanggung jawab siswa rata-rata 47 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I, kemampuan kerjasama siswa meningkat menjadi rata-rata 66 dengan kategori cukup dan karakter tanggung jawab siswa meningkat dengan rata-rata 71 dengan kategori Baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan pada karakter kerjasama siswa menjadi 86 dengan kategori baik dan karakter tanggung jawab siswa mencapai rata-rata 88 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran group investigation dapat membentuk karakter kerjasama siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 8 Banda Aceh (2) Penerapan model pembelajaran group investigation dapat membentuk karakter kerjasama siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 8 Banda Aceh.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Karakter Kerjasama dan Tanggung Jawab


Abstrack Application of the Group Investigation Learning Model in Forming the Character of Cooperation and Responsibility in Civics Subjects at SMP Negeri 8 Banda Aceh. This study aims to find out (1) whether the group investigation learning model in PPKn subjects can form the character of cooperation in class IX-2 at SMP Negeri 8 Banda Aceh, (2) To find out whether the group investigation learning model in PPKn subjects can form the character of responsibility in class IX-2 at SMP Negeri 8 Banda Aceh. This research is a classroom action research. The subjects in this study were 30 students of class IX-2 SMP Negeri 8 Banda Aceh. The object was the application of the group investigation learning model and the character of student cooperation and responsibility. This research was conducted in two cycles and each cycle consisted of two meetings. Data collection techniques used observation and documentation techniques. The data analysis technique used was descriptive data analysis with averages. Based on the results of research and data analysis, it was shown that the model Investigation group learning can form the character of student cooperation and responsibility. This can be seen from before the cooperative actions of students only get an average of 48 and the average student responsibility is 47 in the less category. After carrying out class actions in cycle I, student cooperation abilities increased to an average of 66 with the enough category and the character of student responsibility increased with an average of 71 with the Good category. Whereas in cycle II there was an increase in the character of student cooperation to 86 in the good category and the character of student responsibility reached an average of 88 in the very good category. Thus it can be concluded that (1) The application of the group investigation learning model can shape the character of student cooperation in PPKn subjects at SMP Negeri 8 Banda Aceh (2) The application of the group investigation learning model can shape the character of student cooperation in PPKn subjects at SMP Negeri 8 Banda Aceh. Keywords: Group Investigation Learning Model, Character of Cooperation and Responsibility

Citation



    SERVICES DESK