PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP PENGGUNAAN FITUR QUICK RESPONSE INDONESIA STANDARD (QRIS) PADA APLIKASI ACTION MOBILE BANK ACEH SYARIAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    LAPORAN KERJA PRAKTEK

PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP PENGGUNAAN FITUR QUICK RESPONSE INDONESIA STANDARD (QRIS) PADA APLIKASI ACTION MOBILE BANK ACEH SYARIAH


Pengarang

DESI FITRIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Litna Nurjannah Ginting - 199201242020122006 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1905002010066

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Manajemen Agribisnis (D3) / PDDIKTI : 54401

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian (D3)., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

RINGKASAN
PT. Bank Aceh Syariah merupakan salah satu institut perbankan syariah di Aceh yang sangat menyadari bahwa pelayanan kepada nasabah harus disesuaikan dengan kemajuan pandangan teknologi. Terdapat bebrapa fitur layanan mobile banking yang disediakan oleh Bank Aceh, salah satunya fitur QRIS. Quick Response Indonesia Standard (Qris) merupakan fitur yang memudahkan dalam proses pembayaran nontunai. Dengan menggunakan QRIS, pembayaran nontunai ini lebih efektif mudah digunakan saat bertransaksi dan dijamin keamanannya oleh pihak Bank.
Rumusan masalah dari tugas akhir ini ialah bagaimana persepsi mahasiswa terhadap kemudahaan dan keamanan penggunaan fitur QRIS pada aplikasi action mobile. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kemudahan dan keamanan penggunaan fitur QRIS pada aplikasi action mobile.
Untuk mengungkap tujuan dari tugas akhir ini secara lebih mendalam dan menyeluruh peneliti menggunakan metode kuantatif dengan teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner. Subyek penelitian melibatkan sampel mahasiswa yang menggunakan QRIS dalam melakukan transaksi secara online sebanyak 37 orang dan sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif yaitu dengan mencari nilai mean ideal, standar deviasi ideal dan perhitungan persentase. Hasil dan pembahasan dari tugas akhir ini ialah terdapat persepsi mahasiswa terhadap kemudahaan dalam penggunaan QRIS, dimana hasil dari perhitungan interpretasi skor menunjukkan bahwa dari 37 sampel yang diambil terdapat 28 mahasiswa yang masuk kedalam kategori tinggi dengan persentase 76%. Dan terdapat persepsi mahasiswa terhadap keamanan dalam penggunaan QRIS, dimana hasil dari perhitungan interpretasi skor menunjukkan bahwa dari 37 sampel yang diambil terdapat 26 mahasiswa yang masuk kedalam kategori tinggi dengan persentase 70%.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persepsi mahasiswa terhadap penggunaan fitur QRIS masih berdasarkan pengetahuannya terhadap layanan QRIS ini sendiri, hal ini dilihat dari banyaknya mahasiswa yang mengatakan sangat setuju jika layanan ini memberikan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi.

SUMMARY PT. Bank Aceh Syariah is one of the Islamic banking institutes in Aceh which is very aware that services to customers must be adapted to advances in technological views. There are several mobile banking service features provided by Bank Aceh, one of which is the QRIS feature. Quick Response Indonesia Standard (Qris) is a feature that facilitates the process of non-cash payments. By using QRIS, this non-cash payment is more effective, easy to use when making transactions and guaranteed by the bank for security. The formulation of the problem in this final project is how students perceive the ease and safety of using the QRIS feature in the action mobile application. This final project aims to determine student perceptions of the ease and safety of using the QRIS feature on the action mobile application. In order to reveal the purpose of this final project in more depth and comprehensively, the researcher used a quantitative method with data collection techniques by distributing questionnaires. The research subjects involved a sample of students who used QRIS in conducting online transactions as many as 37 people and the sample was obtained through a purposive sampling technique. The data analysis used is descriptive statistical analysis, namely by calculating the ideal mean value, ideal standard deviation and percentage calculation. The results and discussion of this final project is that there is a student's perception of the ease of using QRIS, where the results of calculating the score interpretation show that of the 37 samples taken there are 28 students who fall into the high category with a percentage of 76%. And there is a student's perception of safety in using QRIS, where the results of the score interpretation calculation show that of the 37 samples taken there are 26 students who fall into the high category with a percentage of 70%. From the results of the study it was found that students' perceptions of using the QRIS feature were still based on their knowledge of the QRIS service itself, this was seen from the number of students who said they strongly agreed that this service provided convenience and security in transactions.

Citation



    SERVICES DESK