STRATEGI INVESTOR RELATIONS BADAN PENGUSAHAAN (BP) BATAM DALAM PENINGKATAN INVESTASI PENANAMAN MODAL ASING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020 DI KOTA BATAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

STRATEGI INVESTOR RELATIONS BADAN PENGUSAHAAN (BP) BATAM DALAM PENINGKATAN INVESTASI PENANAMAN MODAL ASING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020 DI KOTA BATAM


Pengarang

Cut Khayla Zahra - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Deni Yanuar - 198801262015041002 - Dosen Pembimbing I
Novi Susilawati - 198911162019032018 - Dosen Pembimbing II
Hamdani M. Syam - 197808162008011012 - Penguji
Zakirah Azman - 198801122016072101 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1810102010019

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Mewabahnya Pandemi Covid-19 di seluruh dunia pada Tahun 2020 yang membuat beberapa sektor ekonomi di Kota Batam seperti industri pariwisata dan transportasi mengalami penurunan yang berimbas pada penurunan investasi PMA. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui strategi investor relations yang dilakukan Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam mengatasi krisis yang terjadi serta meningkatkan investasi PMA Kota Batam yang sempat turun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Data diperoleh melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ditelah menggunakan konsep investor relations yang terdiri dari prinsip good corporate governance serta langkah strategis dalam mencapai keberhasilan investor relations dan strategi respon komunikasi krisis yang merupakan pengembangan dari teori komunikasi krisis situasional. Disimpulkan bahwa BP Batam telah menjalankan strategi investor relations dengan baik berdasarkan penerapan seluruh konsep investor relations serta beberapa strategi respon komunikasi krisis yaitu strategi menyangkal, strategi framing dan strategi bolstering. Berdasarkan keberhasilan BP Batam dalam upaya meningkatkan investasi PMA di Kota Batam maka strategi investor relations yang dilakukan oleh BP Batam dapat menjadi model yang dapat diterapkan oleh perusahaan yang memiliki fenomena yang sama dengan penelitian ini.

Kata Kunci: Investasi PMA, Investor Relations, Pandemi Covid-19, Teori Komunikasi Krisis Situasional.

The outbreak of the Covid-19 Pandemic around the world in 2020 which made several economic sectors in Batam City such as the tourism and transportation industries experience a decline which resulted in a decrease in FDI investment. This study seeks to determine the investor relations strategy carried out by the Batam Business Board (BP) in overcoming the crisis that occurred and increasing the investment of PMA in Batam City which had fallen. This study uses a qualitative approach with descriptive analysis type of research. Data were obtained through interviews and documentation studies. The results of the study have used the concept of investor relations which consists of the principles of good corporate governance and strategic steps in achieving investor relations success and crisis communication response strategies which are the development of situational crisis communication theory. It is concluded that BP Batam has implemented an investor relations strategy well based on the application of all investor relations concepts as well as several crisis communication response strategies, namely the denial strategy, framing strategy and bolstering strategy. Based on the success of BP Batam in an effort to increase foreign investment in Batam City, the investor relations strategy carried out by BP Batam can be a model that can be applied by companies that have the same phenomenon as this study. Keywords: PMA Investment, Investor Relations, Covid-19 Pandemic, Situational Crisis Communication Theory.

Citation



    SERVICES DESK