ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI LESSON STUDY DENGAN MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA) DI SMAN MODAL BANGSA ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI LESSON STUDY DENGAN MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA) DI SMAN MODAL BANGSA ACEH BESAR


Pengarang

Mira Fitriana - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Hasanuddin - 196407171990031004 - Dosen Pembimbing I
Wiwit Artika - 198206102009122006 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906203010009

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S2) / PDDIKTI : 84105

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Magister Pendidikan Biologi., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Refleksi terhadap suatu praktik pembelajaran dapat dilakukan melalui Lesson Study (LS). Penerapan lesson study menggunakan Transcript Based Lesson Analyse (TBLA) masih belum dieksplorasi lebih lanjut di Aceh. Oleh karena itu perlu dilakukan untuk menambah kerangka baru menganalisis suatu praktik pembelajaran dengan analisis berbasis bukti demi peningkatan kualitas pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran dalam hal pembentukkan konsep, sikap, keterlibatan peserta didik, keputusan pedagogis guru dan dominansi aktivitas selama proses pembelajaran menggunakan TBLA berbasis Lesson Study. Metode penelitian adalah metode campuran dengan typology concurrent triangulation identical sampling artinya data kuantitatif dan kualitatif diperoleh pada waktu bersamaan. Proses pembelajaran dilakukan di kelas XI Mipa 1 SMAN Modal Bangsa Aceh menggunakan model pembelajaran Modelling Instructions dengan media Neuron Phet Simulation. Pengumpulan data dilakukan lewat rekaman audio dan video serta lembar observasi pengamat. Hasil rekaman audio dan video ditranskripsikan menjadi dialog percakapan. Analisis kuantitatif dengan menghitung jumlah frekuensi kata kunci pembentuk konsep, fungsi bahasa, panjang kalimat, dan jumlah kata (number of words) untuk melihat dominansi aktivitas kelas. Analisis kualitatif mengamati gestur, keterlibatan siswa dan keputusan pedagogis guru. Hasil membuktikan terjadi proses pertumbuhan ide dan pembentukkan konsep yang benar oleh siswa, gesture diektik dominan, keterlibatan yang tinggi dan dominansi aktivitas dilakukan oleh peserta didik (student center). Keputusan pedagogis guru yang berpotensi yaitu pemilihan anggota kelompok heterogen, strategi efektifitas waktu, dan penerapan probing asking. Analisis pembelajaran menggunakan TBLA mampu menuntun guru melihat bagaimana kualitas pengajarannya, refleksi ini penting dilakukan sebagai dasar pengembangan pembelajaran selanjutnya

Kata kunci: Lesson study, TBLA, Refleksi, Audio, Video

Reflection of a lesson can be done with Lesson Study (LS). The application of lesson study using Transcript-Based Lesson Analysis (TBLA) is unfathomable in Aceh. Therefore, adding a new framework to analyze learning practice with evidence-based analysis is essential for teaching quality improvement. This research aims to analyze the learning process of building concepts, attitudes, student engagement, teacher pedagogical decisions, and learning activity dominance using a TBLA-Based Lesson Study. The Research method is a mixed method with typology concurrent triangulation identical sampling, signifying that quantitative and qualitative data are obtained simultaneously. The learning process was carried out in class XI MIPA 1 SMAN Modal Bangsa Aceh using the Modeling Instructions learning model with Neuron PHET Simulation media. Data is collected using audio and video recordings and observation worksheets, in which the recordings are transcripted into conversational dialogue later on. The quantitative analysis calculates the number of keyword frequency forming concepts, language functions, sentence length, and the number of words to comprehend class activity dominance. Meanwhile, the qualitative analysis focuses on gestures, student engagement, and teachers’ pedagogical decisions. As a result, there is a process of ideas growth and right concept formation, dominant pointed gestures, high engagement, and activities dominance by students (Students Center). Potential pedagogical decisions of teachers are the selection of heterogeneous group members, time effectiveness strategies, and the application of probing ask techniques. Learning analysis using TBLA guides teachers to perceive their teaching quality as a reflection of the development of further learning. Keywords: Lesson Study, TBLA, Reflection, Audio, Video

Citation



    SERVICES DESK