PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CASE METHODRNBERBASIS NILAI KARAKTER PADA MATERI SISTEMRNREPRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN RNKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN RNKONASI PADA PESERTA DIDIK DI SMA ITRNAL-FITYAN DAN SMA IT AL-ARABIYAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CASE METHODRNBERBASIS NILAI KARAKTER PADA MATERI SISTEMRNREPRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN RNKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN RNKONASI PADA PESERTA DIDIK DI SMA ITRNAL-FITYAN DAN SMA IT AL-ARABIYAH


Pengarang

Hamiyati - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Andi Ulfa Tenri Pada - 198304212008122003 - Dosen Pembimbing I
Safrida - 198008052005012003 - Dosen Pembimbing II
Khairil - 195806291986031002 - Penguji
Wiwit Artika - 198206102009122006 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2006203010012

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S2) / PDDIKTI : 84105

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Magister Pendidikan Biologi., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Hamiyati
: Penerapan Model Pembelajaran Case Method Berbasis Nilai
Karakater pada Materi Sistem Reproduksi untuk
Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Konasi
pada Peserta Didik Di SMA IT Al-Fityan dan SMA IT AlArabiyah

Pembimbing I. Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd.
Pembimbing II. Dr. Safrida, S.Pd, M.Si.,AIFO
ABSTRAK

Pentingnya peserta didik memiliki penguasaan keterampilan berpikir kritis
karena sebagai kemampuan peserta didik yang bukan hanya sekedar memahami,
tetapi juga dapat menerapkan konsep yang diberikan dalam memecah suatu kasus
permasalahan, dan untuk memahami bagaimana cara berpikir kritis terhadap
masalah yang ditemukan dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik
setelah penerapan model pembelajaran case method berbasis nilai karakter pada
materi sistem reproduksi di SMA IT Al-Fityan dan SMA IT Al-Arabiyah. Metode
penelitian termasuk penelitian Quasi eksperiment dengan desain penelitian pretestposttes

Non-Equivalent control group design dengan sampel 116 peserta didik.
Teknik pengumpulan data dengan data hasil belajar peserta didik diperoleh
menggunakan soal pretest dan posttest dalam bentuk pilihan ganda beralasan.
Soalnya yang digunakan sesuai dengan indikator. Kemudian data tersebut dianalisis
dengan nilai rata-rata pretest dan posttest selanjutnya dilakukan uji beda rata-rata.
Uji hipotesis untuk ketrampilan berpikir kritis peserta didik dianalisis menggunakan
α = 0,05 dengan taraf signifikan sebesar 0,95% dengan kriteria pengujian sebagai
berikut: Jika thitung ˂ ttabel maka Ho diterima, dan jika thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak.
Temuan penelitian ini adalah: 1) Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan
berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran case method
berbasis nilai karakter pada materi sistem reproduksi di SMA IT Fityan dan SMA
IT Al-Arabiyah; 2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran case method
berbasis nilai karakter terhadap konasi peserta didik di SMA IT Fityan dan SMA
IT Al-Arabiyah pada materi sistem reproduksi; 3) Terdapat hubungan antara
keterampilan berpikir kritis dan konasi peserta didik dan setelah penerapan model
pembelajaran case method.
Kata Kunci: case method, nilai karakter, keterampilan berpikir kritis

Hamiyati : The Application of Case Method Model Based on Character Values in Human Reproductive System Materials to Improve Critical Thinking and Conation skills of Students in SMA IT Al-Fityan and SMA IT Al-Arabiyah Supervisor I. Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd. Supervisor II. Dr. Safrida, S.Pd, M.Si,.AIFO ABSTRACT It is important for students to comprehend the concepts as the ability of students not only to understand, but also be able to apply the concepts given in solving a problem, and to understand how to think critically about the problems found in learning. The purpose of this study was to determine the differences in the improvement of students' critical thinking skills after the application of the case method model learning based on character values in the reproductive system material at SMA IT Al-Fityan and SMA IT Al-Arabiyah. The research method included a quasi-experimental research with a pretest-post-test non-equivalent control group design with a sample of 116 students. Data collection techniques were data on student learning outcomes obtained using pretest and posttest questions in the form of multiple choice with reasons. Then the data were analyzed with the average value of the pretest and posttest, then the average difference test was carried out. Hypothesis testing for students' critical thinking skills was analyzed using = 0.05 with a significant level of 0.95% with the following test criteria: If tcount < ttable then Ho is accepted, and if tcount > ttable then Ho is rejected. This study results in the findings that: 1) There are differences in the improvement of students' critical thinking skills by applying the case method learning model based on character values in reproductive system materials at SMA IT Fityan and SMA IT Al-Arabiyah; 2) there is an effect of the application of the case method learning model based on character values on the relationship of students at SMA IT Fityan and SMA IT Al-Arabiyah in the material of the reproductive system; 3) There is a relationship between critical thinking skills and students' conation and after the application of the case method learning model. Keywords: case method, character value, critical thinking skills

Citation



    SERVICES DESK