KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS KONSELOR ADIKSI DI RUMOH GEUTANYOE BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS KONSELOR ADIKSI DI RUMOH GEUTANYOE BANDA ACEH


Pengarang

Cut Rizka aliana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0807101130019

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Psikologi (S1) / PDDIKTI : 73201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

613.8

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk memahami kondisi kesejahteraan psikologis konselor adiksi di Rumoh Geutanyoe Banda Aceh. Kesejahteraan psikologis adalah keadaan individu yang mampu menerima diri apa adanya, mampu membentuk hubungan yang bangat dengan orang lain, memiliki otonomi, mampu menguasai lingkungan, memiliki tujuan hidup, dan mengalami pertumbuhan pribadi. Konselor adiksi merupakan tenaga profesional yang memberikan terapi perawatan berupa
konseling atau masukan untuk menghadapi kendala ketergantungan narkoba kepada para pecandu yang menjalani rebabilitasi. Subjek dalam penelitian ini adalah konselor adiksi di Rumoh Geutanyoe yang berjumlah empat orang dengan karakteristik berjenis kelamin laki-laki, berusia 20-39 tahun, dan merupakan mantan pecandu narkoba. Penelitian ini berlandaskan pada pendekatan fenomenologi yang melihat subjek penelitian dalam satu konteks naturalnya. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi terstruktur yang berlandaskan pada dimensi kesejahteraan psikologis Ryff & Keyes ( 1995). Teknik analisa data yang digunakan adalah model interaktif yang terdiri dari tiga hal utama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dari keempat subjek, tiga subjek diantaranya memiliki kondisi kesejahteraan psikologis yang rendah sedangkan satu subjek lainnya memiliki kondisi kesejahteraan psikologis yang tinggi. Adapun faktor yang memengaruhi kondisi kesejahteraan psikologis konselor adiksi pada penelitian ini adalah dukungan sosial dan status sosial ekonomi. Berdasarkan temuan penelitian, faktor yang memengaruhi kesejahteraan psikologis adalah spiritualitas dan lama bekerja sebagai konselor adiksi di Rumoh Geutanyoe.





Keywords: Kesejahteraan psikologis, konselor adiksi, Rumoh Geutanyoe Banda Aceh












Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK