GAMBARAN TENTANG MEDIA KOMUNIKASI PETUGAS LAPANGAN KELUARGA BERENCANA PADA IBU AKSEPTOR DALAM PENGGUNAAN KONTRASEPSI DI DESA GAROT KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

GAMBARAN TENTANG MEDIA KOMUNIKASI PETUGAS LAPANGAN KELUARGA BERENCANA PADA IBU AKSEPTOR DALAM PENGGUNAAN KONTRASEPSI DI DESA GAROT KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR.


Pengarang

Mita Rahyuni - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0271120075

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2005

Bahasa

Indonesia

No Classification

363.96

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Media komunikasi adalah alat atau saluran yang digunakan untuk proses penyampaian pesan kepada orang lain. Media Komunikasi berperan dalam memberikan kontribusi kepada keikutsertaan KB para calon akseptor KB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran media komunikasi PLKB pada ibu akseptor dalam penggunaan kontrasepsi di Desa Garot Kecamatan Darul Imarah kabupaten Aceh Besar. Desain yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode pemilihan sampel secara purposive sampling dengan sampel penelitian
25% dari populasi, yaitu 67 orang yang dilaksanakan pada tanggal 17 -- 24 Desember
2004 di Desa Garut Kecamatan Darul lmarah Kabupaten Aceh Besar. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dilaksanakan oleh interviewer yang telah dilatih oleh peneliti, yaitu bidan desa yang bertugas di desa. Teknik analisa data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian disajikan dalam persentase rata-rata hasil yang diperoleh dari media komunikasi yang digunakan PLKB pada ibu akseptor dalam penggunaan kontrasepsi dalam katagori yang menggunakan kontrasepsi 40 orang (59,70%), nilai rata-rata hitung untuk media visual 39 orang (58,21%) dan nilai dibawah rata-rata hitung untuk media audio visual 39 orang (58,21 %). Disimpulkan bahwa media komunikasi PLKB pada ibu akseptor dalam penggunaan kontrasepsi berada pada ketegori yang menggunakan, dan petugas PLKB dapat menjalankan fungsi dan tugasnya dengan optimal guna kesinambungan program KB dan Puskesmas Lampeunurut mengambil kebijakan yang bermanfaat untuk program KB.

Kata kunci : Media Komunikasi, Visual, Audio, Audio Visual.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK