GAMBARAN KEBUTUHAN PSIKOLOGIS ANAK YATIM USIA REMAJA DI PANTI ASUHAN NIRMALA LAMPINEUNG BANDA ACEH TAHUN 2006 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

GAMBARAN KEBUTUHAN PSIKOLOGIS ANAK YATIM USIA REMAJA DI PANTI ASUHAN NIRMALA LAMPINEUNG BANDA ACEH TAHUN 2006


Pengarang

Devi Susanti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0271120026

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2006

Bahasa

Indonesia

No Classification

612.661

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Bagi kebanyakan anak, panti asuhan memberikan rasa aman dan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara fisik dan mengembangkan potensi yang dipunyainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemenuhan kebutuhan psikologis anak yatim usia remaja di Panti Asuhan Nirmala Lampineung Banda Aceh. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Metode pengambilan sampel yang dilakukan secara purposive sampling dan diperoleh sampel 33 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan data dianalisa secara manual dengan menentukan kategori skala ordinal yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran pemenuhan kebutuhan kasih sayang berada pada kategori baik sebanyak 48,48% dan kategori kurang sebanyak 51,52%. Pada gambaran pemenuhan kebutuhan keikutsertaan dan diterima dalam kelompok sosial berada pada kategori baik sebanyak 66,67% dan pada kategori kurang sebanyak 33,33%. Pada gambaran pemenuhan kebutuhan untuk berprestasi berada pada kategori baik sebanyak 51,52% dan pada kategori kurang sebanyak 48,48%. Pada gambaran pemenuhan kebutuhan untuk dihargai berada pada kategori baik sebanyak 51,52% dan pada kategori kurang sebanyak 48,48%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa gambaran pemenuhan gambaran psikologis pada anak yatim usia remaja di Panti Asuhan Nirmala Lampineung Banda Aceh Tahun 2006 berada pada kategori kurang 51,52%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada para pengasuh untuk lebih memperhatikan kebutuhan psikologis anak asuhnya dengan lebih maksimal.



Kata Kunci : Kebutuhan Psikologis, Kasih Sayang, Keikutsertaan dan
Diterima Dalam Kelompok Sosial, Berprestasi, Dihargai

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK