ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TENTANG BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TRUMON TIMUR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TENTANG BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TRUMON TIMUR


Pengarang

LILI ZUHERA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Martunis - 196212311987021052 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1806104030034

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.4

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Bahaya penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja paling rentan merusak generasi muda terutama siswa, hal ini berdampak kepada proses belajar siswa disekolah dan berbagai aspek perkembangan karirnya. Pencegahan terhadap siswa yang telah melakukan penyalahgunaan narkoba dapat diberikan melalui layanan dasar berupa informasi terkait bahaya penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba melalui layanan informasi. Pendekatan yang digunakan penelitian yaitu kuantitatif eksperimental dengan bentuk one group pretest-posttest. Penelitian dilakukan di sekolah menengah pertama negeri 2 Trumon Timur, objek dalam penelitian merupakan siswa kelas VII-VIII sebanyak 40 siswa, ditentukan dengan rekomendasi dari guru BK sekolah tempat penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikannya perlakuan, siswa mengalami peningkatan pemahaman dari tingkat pemahaman rendah hingga tingkat pemahaman tinggi setelah diberikannya layanan informasi. Dengan demikian terdapat perbedaan yang jelas antara sebelum dan sesudah diberikannya treatment.

The dangers of drugs among teenagers are most vulnerable to damaging the younger generation, especially students, this has an impact on the learning process of students at school and various aspects of computer development. Students who have done drugs can be provided through basic services such as prevention related to the dangers of drugs. This study aims to analyze students' understanding of the dangers of drugs through information services. The approach used in this research is experimental quantitative in the form of one group pretest-posttest. The research was conducted at the State Junior High School 2 Trumon Timur, the objects in the study were 40 students in grades VII-VIII, determined by recommendations from the BK teacher at the school where the study was conducted. This study uses T-test analysis. The results showed that after the treatment, students experienced an increase in understanding from a low level of understanding to a high level of understanding after information services. Thus there is a clear difference between before and before treatment is given.

Citation



    SERVICES DESK