STUDI HASIL TANGKAPAN MENGGUNAKAN FISHFINDER DENGAN ALAT TANGKAP PUKAT CINCIN (PURSE SEINE) DI PERAIRAN UTARA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

STUDI HASIL TANGKAPAN MENGGUNAKAN FISHFINDER DENGAN ALAT TANGKAP PUKAT CINCIN (PURSE SEINE) DI PERAIRAN UTARA ACEH


Pengarang

Anjar Sunandar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

04080105010002

Fakultas & Prodi

Fakultas Kelautan dan Perikanan / Ilmu Kelautan (S1) / PDDIKTI : 54241

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kelautan dan perikanan., 2008

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian tentang studi hasil tangkapan menggunakan fishfinder dengan alat tangkap pukat cincin/ purse seine di perairan Utara Aceh dan tanggal 2 April - 3 Mei 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil tangkapan berupa jenis tangkapan, jumlah tangkapan, dan posisi penangkapan. Penelitian ini menggunakan metode survey dan dianalisa secara deskriptif. Jenis ikan yang tertangkap selama penelitian sebanyak 17 jenis ikan. Hasil tangkapan yang paling banyak tertangkap adalah jenis ikan layang (Decapterus maruadsi) yaitu 1690 kg dari total hasil tangkapan selama penelitian. Komposisi hasil tangkapan yang paling banyak. mendominasi adalah jenis ikan tongkol yaitu tongkol (Auxis thazardy 17%, tongkol gepeng (Euthynnus alfinis) 16%, tongkol Sisik (Thunnus alalunga) I t % dan tongkol mala besar (Thunnus obesus) 6% yang meliputi 50% dari total hasil tangkapan selama penelitian. Kelimpahan ikan yang siperoleh tiap harinya berfluktuatif, kelimpahan yang paling tinggi diperoleh jenis ikan layang (Deoapterus maruadsi) yaitu 735 kg! trip. Selama penelitian diperoleh indeks keanekaragaman adalah 0,9 yang berarti keanekaragamannya ralatif rendah dan memilki indeks kemerataan yang rendah juga yaitu 0,3 serta memiliki indeks dominansi yang tinggi yaitu 0,63. Penggunaan fishfinder 178 C sounder tidak. mempengaruhi hasil tangkapan nelayan secara langsung, namun secara tidak langsung membantu nelayan dalam navigasi dan optimalisasi pengoperasian pukat cincin/ purse seine.

Kata kunci : Purse seine. hasil tangkapan, ikon, fishfinder.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK