IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA RNMATERI SISTEM SIRKULASI DI SMAN 2 TAPAKTUAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA RNMATERI SISTEM SIRKULASI DI SMAN 2 TAPAKTUAN


Pengarang

Dina Ulyana Sn - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Muhibbuddin - 196305141989031002 - Dosen Pembimbing I
Andi Ulfa Tenri Pada - 198304212008122003 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103010011

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Dina Ulyana. SN. 2022. Implementasi Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Peserta Didik Pada Materi Sistem Sirkulasi di SMAN 2 Tapaktuan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:

(1) Dr. Muhibbuddin, M.S., (2) Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd.

Kata Kunci: Blended Learning, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Blended learning merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis online. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan hasil belajar dan motivasi peserta didik pada materi sistem sirkulasi melalui implementasi blended learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen berdesain one-group pretest posttest desain. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA. Parameter yang digunakan yaitu hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik yang dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Data yang diperoleh selanjutnya ditabulasi dan dianalisis dengan rumus N-Gain untuk mengetahui peningkatan skor hasil belajar dan motivasi belajar. Selanjutnya, dilakukan analisis statistika berupa uji one sample t-test untuk mengetahui perbedaan skor hasil belajar dan motivasi pada pretest dan posttest. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan yaitu implementasi blended learning pada materi sistem sirkulasi kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tapaktuan dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik. Kemudian terdapat perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik pada materi sistem sirkulasi sesudah diterapkan metode blended learning di SMAN 2 Tapaktuan.

ABSTRACT Dina Ulyana. SN. 2022. Implementation of Blended Learning to Improve Learning Outcomes and Student Motivation on Circulation System Materials at SMAN 2 Tapaktuan. Thesis, Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. Supervisor: (1) Dr. Muhibbuddin, M.S., (2) Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd. Keywords: Blended Learning, Learning Outcomes, Learning Motivation Blended learning is a learning method that combines face-to-face learning with online-based learning. The purpose of this study is to determine the improvement and differences in learning outcomes and student motivation on the material circulation system through the implementation of blended learning. This study uses an experimental method with a one-group pretest posttest design. The sample in this study were students of class XI science. The parameters used are learning outcomes and students' learning motivation collected through pretest and posttest. The data obtained were then tabulated and analyzed using the N-Gain formula to determine the increase in learning outcomes and learning motivation. Furthermore, statistical analysis was carried out in the form of a one sample t-test to determine the difference in learning outcomes and motivation scores on the pretest and posttest. The results of the research that can be concluded are that the implementation of blended learning in the circulation system material for class XI IPA SMA Negeri 2 Tapaktuan can improve learning outcomes and student motivation. Then there are differences in learning outcomes and students' learning motivation in the circulation system material after the blended learning method is applied at SMAN 2 Tapaktuan.

Citation



    SERVICES DESK