PENGEMBANGAN MODUL MATERI TERMOKIMIA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MAN 1 ACEH BARAT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGEMBANGAN MODUL MATERI TERMOKIMIA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MAN 1 ACEH BARAT


Pengarang

AIDA AULIYANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Abdul Gani - 196612051991031003 - Dosen Pembimbing I
Adlim - 196512041990031004 - Dosen Pembimbing II
Ibnu Khaldun - 196610101991021003 - Penguji
M. Hasan - 196812311993031018 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1709200170021

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Pendidikan IPA (S2) / PDDIKTI : 84101

Penerbit

Banda Aceh : Program Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penggunaan bahan ajar yang mendukung higher order thinking skills (HOTS) mengenai materi termokimia cenderung kurang sehingga menyebabkan keterampilan berpikir kritis (KBK) peserta didik menjadi rendah. Penelitian pengembangan yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran kimia berbasis HOTS pada materi termokimia dan peningkatan KBK serta respon peserta didik terhadap implementasi modul tersebut. Sampel penelitian 71 peserta didik yang terbagi ke dalam kelas eksperimen dan kontrol dan dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara lembar penilaian kelayakan modul, soal pretest-posttest, dan angket respon peserta didik. Analisis peningkatan KBK peserta didik menggunakan persamaan N-gain dan independent sample t-test dan respon peserta didik menggunakan persentase. Adapun hasil kelayakan menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis HOTS yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik sekali. Hasil analisis KBK peserta didik membuktikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata KBK peserta didik sebelum dan setelah menerapkan modul kimia berbasis HOTS pada materi termokimia dengan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Persentase respon peserta didik diperoleh sebesar 92,08. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa penggunaan modul kimia berbasis HOTS lebih baik dibandingkan modul biasa dalam usaha meningkatkan KBK peserta didik.
Kata Kunci: Pengembangan modul, HOTS dan keterampilan berpikir kritis

ABSTRACT The use of teaching materials that support higher order thinking skills (HOTS) regarding thermochemical material tends to be lacking, causing students' critical thinking skills (KBK) to be low. The development research that has been carried out aims to determine the feasibility of the HOTS-based chemistry learning module on thermochemical material and increase the KBK and student responses to the implementation of the module. The research sample was 71 students who were divided into experimental and control classes and selected by purposive sampling . The data collection technique was carried out by means of a module feasibility assessment sheet, pretest-posttest questions, and student response questionnaires. Analysis of the increase in the KBK of students using the N-gain equation and independent sample t-test and student responses using percentages. The feasibility results show that the HOTS-based chemistry learning module developed is in the very good category. The results of the KBK analysis of students prove that there is a difference in the average KBK of students before and after applying the HOTS-based chemistry module on thermochemical material with a Sig value . (2-tailed)< 0.05. The percentage of student responses obtained was 92.08. The results obtained prove that the use of HOTS-based chemistry modules is better than ordinary modules in an effort to improve students' KBK. Keywords: module development, HOTS and critical thinking skills

Citation



    SERVICES DESK