Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Elsa Handayani, PERBANDINGAN PERILAKU ASERTIF ANTARA SANTRI YATIM DENGAN SANTRI YANG MEMILIKI ORANG TUA UTUHRNDI PESANTREN IMAM SYAFI’I. Banda Aceh Fakultas FKIP,2022

Handayani, elsa. 2021. perbandingan perilaku asertif antara santri yatim dengan santri yang memiliki orang tua utuh di pesantren imam syafi’i. skripsi, jurusan bimbingan dan konseling. fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. universitas syiah kuala. dosen pembimbing; (1) drs. m. husen, m.pd. (2) drs. abu bakar, m.si. kata kunci: perilaku asertif, orang tua utuh, yatim perilaku asertif penting dimiliki oleh santri dalam kehidupan sehari-hari, sebab dengan adanya perilaku asertif santri dapat berkomunikasi dan berinteraksi yang efektif dengan lingkungan sekitar. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku asertif santri yatim dan santri yang memiliki orang tua utuh, serta untuk mengetahui perbedaan perilaku asertif antara santri yatim dan santri yang memiliki orang tua utuh. penelitian ini menggunakann pendekatan kuantitatif komparatif. populasi penelitian adalah santri tingkat smp terdiri dari santri yatim dan santri yang memiliki orang tua utuh berjumlah 178 santri dengan jumlah sampel sebanyak 150 santri. sampel diambil dengan menggunakann teknik total sampling pada kelompok santri yatim dan simple random sampling untuk kelompok santri yang memiliki orang tua utuh. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku asertif, dan data tersebut di analisis dengan analisis deskkriptif serta uji t. hasil penelitian menunjukkan gambaran perilaku asertif santri yatim dan santri yang memiliki orang tua utuh termasuk dalam kategori sedang, dengan persentase 64% dan 68%. sedangkan dilakukan analisis independent sampel t test, diperoleh nilai signifikan (2-tailed) dengan nilai sebesar 0,054> dari a 0,05, dimana nilai signifikan juga dapat dilihat berdasarkan t hitung -1941< dari t tabel 0,1391 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan perilaku asertif yang signifikan antara santri yatim dengan santri yang memiliki orang tua utuh di pesantren imam syafi’i.



Abstract

Handayani, Elsa. 2021. Comparison of Assertive Behavior between Orphaned Santri and Santri Who Have Intact Parents at Imam Syafi'i Islamic Boarding School. Thesis, Department of Guidance and Counseling. Faculty of Teacher Training and Education. Syiah Kuala University. Supervisor; (1) Drs. M. Husen, M.Pd. (2) Drs. Abu Bakr, M.Si. Keywords: Assertive Behavior, Whole Parents, Orphans Assertive behavior is important for students in everyday life, because with assertive behavior students can communicate and interact effectively with the surrounding environment. The purpose of this study was to describe the assertive behavior of orphaned students and students who have intact parents, as well as to determine the differences in assertive behavior between orphaned students and students who have intact parents. This study uses a comparative quantitative approach. The research population was junior high school students consisting of orphans and students who had intact parents totaling 178 students with a total sample of 150 students. Samples were taken using the Total Sampling technique for groups of orphaned students and Simple Random Sampling for groups of students with intact parents. The data collection technique used is the assertive behavior scale, and the data is analyzed by descriptive analysis and t-test. The results showed that the assertive behavior of orphaned students and students who had intact parents were included in the moderate category, with percentages of 64% and 68%, respectively. While the independent sample t test analysis was carried out, a significant (2-tailed) value was obtained with a value of 0.054> from a 0.05, where a significant value can also be seen based on t-count -1941< from t table 0.1391 which indicates that there is no There is a significant difference in assertive behavior between orphaned students and students who have intact parents at the Imam Syafi'i Islamic Boarding School.



    SERVICES DESK