Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Nanda Fitriani, PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING TERHADAP PENYESUAIAN DIRL SISWA DI SEKOLAHRN(STUDI DI SMA NEGERI I BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2005/2006). Banda Aceh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,2007

Masa remaja merupakan masa dimana anak sedang mengalami krisis identitas diri yang mernpengaruhi pola prilakunya dan secara langsung atau tidak langsung juga mempengaruhi proses belajarnya, sehingga sering membuat remaja mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri di sekolah. penyesuaian diri itu sendiri merupakan kemampuan seseorang untuk mencapai keharmonisan dengan dirinya sendiri dan lingkungannya. jadi, apabila individu tidak mampu melakukan penyesuaian diri dengan balk, maka akan menyebabkan individu tersebut berprilaku menyimpang. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling terhadap penyesuaian diri siswa di sekolah, untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan pribadi terhadap penyesuaian diri siswa di sekolah dan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan sosial terhadap penyesuaian diri siswa di sekolah. populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas ii di sma negeri 1 banda aceh, yang berjumlah 267 orang dengan mengambil sampel 25% dari jumlah seluruh populasi yaitu sebanyak 67 orang. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, instrument yang digunakan adalah angket tertutup yang berbentuk skala likert dan dokumentasi seba.i~ pelengkap. kemudian basil penelitian ini diolah dengan menggunakan rumus ~rsentase. berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulis berkesimpulan bahwa pelaksanaan layanan konseling terhadap penyesuaian diri siswa di sekolah smu negeri 1 banda aceh sudah berjalan baik dan benar. dan secara keseluruhan siswanya sudah mampu menyesuaikan diri baik dengan guru, teman, maupun lingkungan sekitar sekolah lainnya. kemudian pelaksanaan layanan bimbingan pribadi sudah maksirnal dilaksanakan dan siswa berinisiatif rnenjumpai konselor jika ada permasalahan. selanjutnya pelaksanaan layanan bimbingan sosial sudah berjalan dengan baik, dan para siswa sudah mampu bersosialisasi dengan teman dan personil sekolah lainnya serta mampu mengeluarkan pendapat jika sedang berada dalam forum.



Abstract



    SERVICES DESK