Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   
Juliana, MANAJEMEN PENGAWAS SEKOLAH DASAR NEGERI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN PIDIE. Banda Aceh Universitas Syiah Kuala,2021

Manajemen pengawas sekolah dasar negeri pada masa pandemi covid-19 di kabupaten pidie oleh : juliana npm : 1909200050032 komisi pembimbing: 1. prof. dr. yusrizal, m. pd. 2. dr. niswanto, m. pd. abstrak di masa pandemi covid-19, kehadiran seorang pengawas sekolah sangat penting, terutama dalam memberikan bimbingan dan pengawasan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, penilaian, tindak lanjut, serta faktor pendukung dan penghambat program pengawas sekolah dasar gugus 01 pada masa pandemi covid-19 di kabupaten pidie. metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model deskriptif. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. hasil penelitian ini adalah 1) pengawas sekolah dasar gugus 01 sudah melakukan perencanaan pengawasan masa pandemi covid-19, tetapi perencanaan tersebut belum dapat dilakukan secara maksimal karena kondisi covid-19 sehingga perencanaan pengawasan belum sesuai dengan panduan pengawasan masa covid-19. 2) pelaksanaan pengawasan dilakukan dengan cara memastikan kebijakan pemerintah dilaksanakan oleh satuan pendidikan, melakukan sosialisasi peraturan pembelajaran masa covid-19, kunjungan lapangan, dan memerintahkan satuan pendidikan untuk menerapkan protokol kesehatan dalam pembelajaran tatap muka. 3) proses evaluasi dilakukan dengan mengecek kelengkapan perangkat pembelajaran guru pada masa covid-19, kemudian juga mengecek kehadiran guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara daring dan tatap muka. 4) tindak lanjut kegiatan pengawasan dilaksanakan berdasarkan hasil evaluasi, namun kegiatan tersebut merujuk pada petunjuk yang keluarkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan sehingga tindak lanjut program pengawasan belum begitu maksimal. 5) faktor pendukung program pengawas adalah tersedianya petunjuk teknis pengawasan di masa pandemi covid-19 dan buku panduan kerja pengawas sekolah dasar. faktor penghambat adalah kondisi pandemi covid-19 yang belum terkendali serta kompetensi pengawas dalam mengoperasikan perangkat teknologi yang masih rendah sehingga berakibat pada kinerja pengawas yang kurang maksimal. kata kunci : manajemen, pengawas, sekolah dasar, covid-19



Abstract



    SERVICES DESK