Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   
Juliana, MANAJEMEN PENILAIAN KINERJA GURU DI MTS DARUL ULUM YPUI BANDA ACEH. Banda Aceh Universitas Syiah Kuala,2021

Manajemen penilaian kinerja guru di mts darul ulum ypui banda aceh oleh : juliana npm : 1909200050003 komisi pembimbing: 1. prof. dr. murniati ar, m. pd. 2. dr. bahrun, m. pd. abstrak kinerja guru merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan tugas dan bertanggung jawab atas peserta didik dengan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. kinerja guru dapat dilihat dan diukur berdasarkan kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru. tujuan penelitian adalah untuk memperoleh data informasi tentang: (1) perencanaan penilaian kinerja guru; (2) strategi pelaksanaan penilaian kinerja guru; (3) pengawasan penilaian kinerja guru; dan (4) faktor pendukung dan penghambat dalam penilaian kinerja guru di mts darul ulum banda aceh. teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. subjek penelitian adalah kepala sekolah, pengawas, guru senior dan guru bidang studi. hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan kinerja guru dilakukan pada akhir semester dengan melibatkan pengawas sekolah, kepala sekolah, guru senior,dan tim pengembang mutu sekolah, penilaian kinerja guru dilakukan pada kemampuan mengajar, perangkat belajar yang digunakan, dan kedisiplinan guru; (2) strategi yang dilakukan kepala sekolah yaitu dengan melaksanakan seminar yang dilakukan di setiap semester, melaksanakan supervisi kepada semua guru, mengoptimalkan sarana dan prasaran pembelajaran, memberikan penghargaan bagi guru yang berprestasi, memberikan teguran terhadap guru yang tidak disiplin; (3) proses pengawasan dilakukan dengan melihat kedisiplinan guru yang dilakukan oleh kepala sekolah dan juga pengawas sekolah, pengawasan dilakukan di setiap semester dengan pemeriksaan laporan pembelajaran guru dan pemeriksaan administrasi pembelajaran setiap guru, mulai dari rpp dan media pembelajaran; dan (4) pengelolaan waktu yang belum maksimal. faktor pendukung meliputi: kerja sama yang harmonis, melibatkan guru dalam setiap kegiatan, pemberian penghargaan kepada guru untuk meningkatkan kinerja, semua tenaga mengajar telah memiliki ijazah sarjana, keterampilan dan kecakapan guru dalam mengajar, kemampuan dan minat guru, bersama-sama mewujudkan visi dan misi sekolah. kata kunci: manajemen dan penilaian kinerja guru.



Abstract



    SERVICES DESK