Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   
Safrizal Barus, HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KEMAMPUAN MENJAWAB SOAL-SOAL BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LAMPEUNEURUT ACEH BESAR. Banda Aceh Universitas Syiah Kuala,2021

Abstrak barus, safrizal. 2021. hubungan kebiasaan belajar dengan kemampuan menjawab soal-soal bangun datar di kelas iv sdn lampeuneurut aceh besar. skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dra. monawati, m.pd (2) dra. nurhaidah, m.pd kata kunci: kebiasaan belajar, kemampuan menjawab soal-soal bangun datar. kebiasaan belajar sangat penting dalam penentuan kemampuan peserta didik juga merupakan salah satu faktor dalam keberhasilan belajar. adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar peserta didik dengan kemampuan menjawab soalsoal bangun datar di kelas iv sdn lampeuneurut aceh besar?”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar peserta didik dengan kemempuan menjawab soal-soal bangun datar di kelas iv sdn lampeuneurut aceh besar. metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui korelasional, dengan pendekatan kuantitatif, sampel seluruh peserta didik kelas iva yang berjumlah 32 siswa, pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. untuk mengolah data menggunakan analisis product momen. hasil analisis menunjukkan nilai rxy = 0,65 berarti r > 0 maka hubungan linea r bersifat positif. dilihat dari tabel interpretasi korelasi nilai r berada pada rentang 0,600 – 0,799 yang berarti memiliki tingkat hubungan yang kuat. besarnya kontibusi variabel x (kebiasaan belajar) dan variabel y (kemampuan menjawab soal-soal bangun datar) dengan kp = 42,25% daftar distribusi t didapat thitung > ttabel yaitu 4,68 > 1,697 sehingga hipotesis (ho) ditolak dan (ha) diterima. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar peserta didik dengan kemampuan menjawab soal-soal bangun datar. saran dari penelitian ini adalah diharapkan kepada guru dan orang tua dapat menghimbau dan membimbing peserta didik dengan sunguhsungguh agar memiliki kebiasaan belajar yang baik dan dapat meningkatkan prestasi.



Abstract



    SERVICES DESK