Rendahnya pemahaman terhadap suatu konscp pada mata pelajaran fisika disebabkan oleh miskonsepsi yang dimiliki oleh siswa sebelum masuk ke kelas yang disebut prakonsepsi. prakonscpsi ini diperoleh siswa dari pengalaman dan pengetahuan sehari-hari yang terbentuk dalam pikiran siswa. adapun tujuan penelitian mengetahui sejauhmana teknik konflik kognitif dapat digunakan untuk remediasi miskonsepsi dalam pelajaran fisika. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. setelah data terkumpul, maka akan diolah dengan mcnggunakan uji persentase. data yang diambil dalam penelitian ini adalah persentase kemampuan siswa yang menjawab soal yang diberikan kepada siswa kelas i dcngan jumlah 40 siswa. hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mengalami miskonscpsi pada konsep listrik statis. dengan persentase rata-rata pada siklus j dan siklus ii jadi dapat disimpulkan bahwa masih ada siswa sltp negeri 6 banda aceh yang mengalami miskonsepsi pada sub konsep listrik statis.
Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PENGGUNAAN TEKNIK KONFLIK KOGNITIF UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI DALAM PELAJARAN FISIKA DI SLTP NEGERI 6 KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh Universitas Syiah Kuala,2021
Baca Juga : KENDALA-KENDALA GURU BIDANG STUDI MIPA DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) PADA SLTP NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (Zauliah, 2021)
Abstract
Baca Juga : IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPON INDEX (CRI) PADA KONSEP GERAK DAN GAYA DI SMAN 5 BANDA ACEH (Sarianita, 2018)