Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   
NOVRA RIZKIA, PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 5 BANDA ACEH. Banda Aceh Universitas Syiah Kuala,2020

Abstrak rizkia, novra. 2020. perbandingan hasil belajar peserta didik menggunakan model problem based learning dengan model contextual teaching and learning dalam pelajaran geografi kelas x di sman 5 banda aceh. skripsi. jurusan pendidikan geografi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. universitas syiah kuala. pembimbing : 1) drs. thamrin k, m.si 2) novia zalmita, s.pd. m.pd kata kunci : perbandingan, problem based learning, contextual teaching and learning, hasil belajar penelitian ini merupakan penelitian yang terkait dengan perbandingan hasil belajar dari penerapan dua model pembelajaran yaitu problem based learning dan contextual teaching and learning. rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model problem based learning lebih baik dibandingkan dengan model contextual teaching and learning pada mata pelajaran geografi kelas x di sman 5 banda aceh?. tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model problem based learning dengan model contextual teaching and learning pada mata pelajaran geografi kelas x di sman 5 banda aceh. hipotesis yang diajukan yakni hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model problem based learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model contextual teaching and learning. penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan mengambil sampel dua kelas dari kelas x di sman 5 banda aceh yang berjumlah 46 peserta didik. teknik pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik non parametrik menurut mann whitney (uji u) dengan menggunakan uji z karena sampel >20. adapun kriteria uji dari uji mann whitney yakni apabila zhitung > ztabel, maka terima ha. hasil yang diperoleh dari hasil uji u yakni zhitung = 5,81 dan pada taraf signifikansi 5%, diperoleh ztabel = 1,65. jadi diperoleh zhitung > ztabel sehingga terima ha. dengan demikian, dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model problem based learning lebih baik dibandingkan dengan model contextual teaching and learning pada mata pelajaran geografi kelas x di sman 5 banda aceh.



Abstract



    SERVICES DESK