Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   
NABELLA, PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BAITURRAHMAN DAN KUTA ALAM YANG TERSERTIFIKASI AKREDITASI DASAR. Banda Aceh Universitas Syiah Kuala,2019

Abstrak layanan kesehatan yang bermutu adalah layanan kesehatan yang selalu berupaya memenuhi harapan pasien. kepuasan dari pelayananan kesehatan dapat dilihat dari faktor–faktor yang harus di penuhi oleh petugas kesehatan di puskesmas yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. puskesmas baiturrahman dan puskesmas kuta alam merupakan puskesmas yang tersertifikasi akreditasi dasar di kota banda aceh, hal ini perlu diperhatikan karena akreditasi dasar merupakan tingkat akreditasi terendah sehingga dapat menjadi pedoman untuk meningkatkan pelayanan lebih baik. tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas baiturrahman dan kuta alam yang tersertifikasi akreditasi dasar tahun 2018. jenis penelitian comparative study dengan desain cross sectional study. populasi pada penelitian ini adalah pasien di puskesmas baiturrahman dan puskesmas kuta alam. teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 134 responden yang terdiri dari 67 responden di puskesmas baiturrahman dan 67 responden responden di puskesmas kuta alam. alat pengumpulan data menggunakan the servqual test. data penelitian dianalisis menggunakan uji independent t-test untuk data yang berdistribusi normal dan data yang tidak berdistribusi normal menggunakan uji mann whitney. hasil yang didapatkan nilai p-value 0.839 (p-value >0,05) sehingga didapatkan hasil tidak ada perbedaan yang signifikan antara tingkat kepuasan pasien di puskesmas baiturrahman dan kuta alam. direkomendasikan kepada puskesmas tersertifikasi akreditasi dasar sebaiknya lebih sering melakukan survey terkait kepuasan pelayanan karena hal ini dapat menjadikan acuan bagi puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan.



Abstract



    SERVICES DESK