Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   
Trio Salfrika, PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK SMA/MA KELAS XI IPA. Banda Aceh Universitas Syiah Kuala,2016

Kata kunci : handout, kontekstual, laju raksi. telah dilakukan penelitian dengan judul pengembangan handout berbasis kontekstual pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi untuk sma/ma kelas xi ipa. penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar handout berbasis kontekstual pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi serta menguji tingkat validitas, aktivitas siswa dan kelayakan dari bahan ajar yang dihasilkan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu addie (analyze, design, development, implentation, evaluation). teknik pengumpulan data diperoleh dari angket validasi bahan ajar, angket observasi dan angket uji kelayakan. persentase kelayakan bahan ajar yang diperoleh dari angket validasi sebesar 76,66% (layak). aktivitas siswa saat uji coba penerapan bahan ajar yaitu 88,75% (sangat baik). persentase rata-rata yang diperoleh dari angket respon siswa adalah sebesar 86,15% dengan kriteria sangat layak. angket respon guru kimia kelas xi ipa terhadap bahan ajar yaitu 94,67% (sangat layak). hal ini dapat disimpulkan ba hwa bahan ajar handout berbasis kontekstual pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi yang dikembangkan bersifat berdaya guna efektif di sekolah uji coba.



Abstract



    SERVICES DESK