Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
SUS ARMADANI, PENGGUNAAN MEDIA AJAR PADA PEMBELAJARAN SBDP (SENI BUDAYA DAN PRAKARYA) PADA MATERI SENI TARI DI SD SE-KECAMATAN BINTANGKABUPATEN ACEH TENGAH. Banda Aceh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,2015

Kata kunci : media ajar, sbdp, seni tari. penelitian ini berjudul “penggunaan media ajar pada pembelajaran sbdp (seni tari) di sd se-kecamatan bintang kabupaten aceh tengah. masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana penggunaan media ajar pada pembelajaran sbdp (seni budaya dan prakarya) pada materi seni tari di sd se- kecamatan bintang kabupaten aceh tengah, hambatan-hambatan apa saja dalam penggunaan media ajar pada pembeajaran sbdp ( seni budaya dan prakarya) pada materi seni tari di sd se-kecamatan. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media ajar dan untuk mendeskripsikan hambatan- hambatan yang ada dalam penggunaan media ajar pada pembelajaran seni tari di sd se-kecamatan bintang kabupaten aceh tengah. pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif, sedangkan jenisnya menggunakan deskriptif. penelitian ini dilakukan di kecamatan bintang kabupaten aceh tengah. sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. adapun subjek dalam penelitian ini adalah penggunaan media ajar dan objeknya adalah pembelajaran sbdp (seni tari). metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. analisis data yang digunakan dalam penelitian ini reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. hasil penelitian yang didapatkan bahwa penggunaan media ajar pada pembelajaran sbdp (seni tari) adalah media berbasis manusia, media berbasis cetakan dan media berbasis rekaman audio-tape. sedangkan hambatan-hambatan yang ada dalam penggunaan media ajar pada pembelajaran sbdp ( seni budaya dan prakarya) pada materi seni tari adalah media ajar yang diterapkan oleh sekolah masih sangat sederhana, kurangnya guru lulusan sarjana seni budaya khususnya seni tari, kurikulum yang diterapkan menggunakan ktsp, dan tidak adanya rpp.



Abstract



    SERVICES DESK