Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   
Nihrasiyah, HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN KECEMASAN BERKOMUNIKASI TERHADAP DOSEN PEMBIMBING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI. Banda Aceh Universitas Syiah Kuala,2015

Hubungan antara berpikir positif dengan kecemasan berkomunikasi terhadap dosen pembimbing pada mahasiswa unsyiah yang sedang menyusun skripsi nihrasiyah, nucke yulandari program studi psikologi, fakultas kedokteran universitas syiah kuala abstrak mahasiswa yang sedang menyusun skripsi seringkali megngalami kecemasan berkomunikasi dengan dosen pembimbing. berpikir positif merupakan salah satu cara yang dapat mereduksi kecemasan berkomunikasi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berpikir positif dengan kecemasan berkomunikasi terhadap dosen pembimbing pada mahasiswa unsyiah yang sedang menyusun skripsi. subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas syiah kuala yang berjumlah 312 orang yang berusia 20-24 tahun. teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling. skala yang digunakan adalah skala berpikir positif yang disusun berdasarkan aspek-aspek berpikir positif yang dikemukakan oleh albrecht (1980) dan skala kecemasan berkomunikasi yang disusun berdasarkan ciri-ciri yang dikemukakan oleh burgoon & ruffner (1978). hasil analisis data dengan menggunakan product moment dari pearson menunjukkan korelasi sebesar r = - 0.243 dengan nilai p = 0.000 (p < 0.05). hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara berpikir positif dengan kecemasan berkomunikasi terhadap dosen pembimbing pada mahasiswa unsyiah yang sedang menyusun skripsi, dan berpikir positif dapat menjadi salah satu solusi untuk mereduksi kecemasan berkomunikasi yang dialami oleh mahasiswa. kata kunci: berpikir positif, kecemasan berkomunikasi, mahasiswa unsyiah



Abstract



    SERVICES DESK